142 Pelajar Solsel Ikuti Seleksi Gerakan 2000 Hafiz

AI Mangindo Kayo | Kamis, 05-04-2018 | 20:07 WIB | 128 klik | Kab. Solok Selatan
<p>142 Pelajar Solsel Ikuti Seleksi Gerakan 2000 Hafiz<p>Asisten III Setdakab Solsel, Yul Amri foto bersama dengan peserta seleksi gerakan 2000 hafiz di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati setempat, Rabu (4/4/2018). (humas)

VALORAnews - Sebanyak 142 orang pelajar di Solok Selatan mengikuti seleksi gerakan 2000 hafiz di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati setempat, Rabu (4/4/2018).

Seleksi Gerakan 2000 hafiz merupakan target pemerintah daerah untuk mewujudkan Sumatera Barat menjadi provinsi dengan hafiz terbanyak di tanah air.

Menurut Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten III Setdakab Solsel, Yul Amri, gerakan ini sangat mendukung visi dan misi Solok Selatan yaitu sejahtera dan religius.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, aplikasi dari visi religius adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai al Quran dalam kehidupan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini para hafiz al Quran sangat diistimewakan, untuk masuk perguruan tinggi, bagi yang hafal beberapa juz al Quran saja bisa masuk perguruan tinggi tanpa tes.

"Secara tidak langsung ini ada pengakuan dari dunia pendidikan bahwa para penghafal al Quran mempunyai intelektual yang tinggi, sehingga bisa masuk perguruan tinggi tanpa tes," tuturnya.

Melalui gerakan ini, ia berharap, nanti di Solok Selatan akan lahir ulama sekaliber Buya Hamka, Ustad Abdul Somad. Bahkan juga akan lahir imam-imam di masjid-masjid besar.

Sementara itu, Ketua Gerakan 2000 Hafiz Sumatera Barat, Ustad Rudi Nofriadi Al Hafiz menyebutkan, gerakan 2000 hafiz se-Sumetara Barat bertujuan untuk memotivasi semua pihak untuk sama-sama memuliakan al Quran.

"Di samping itu, gerakan ini juga bertujuan untuk menyaring hafiz-hafiz terbaik di Sumetara Barat," ungkapnya.

Dia mengatakan, Solok Selatan mendapat kuota 100 hafiz dalam seleksi kali ini. Dimana, dari 142 hafizh dan hafizah yang ikut akan dipilih sebanyak 100 orang yang akan menjadi bagian dari duta al Quran Sumatera Barat pada 2018 ini.

Dijelaskan, 2000 hafiz terbaik tahun ini, akan diberikan reward dari sponsor, dimana total rewardnya sebanyak Rp1 miliar yang akan diberikan pada hari puncak duta al Quran, 27 April mendatang di Kampus Baiturrahmah Padang.

"Dari 2000 hafiz nanti akan diseleksi lagi sebanyak 30 orang yang terbaik yang akan diberikan reward khusus," tuturnya.

Hafiz dan hafizah yang mengikuti seleksi katanya, adalah hafiz yang telah hafal minimal 2 juz al Quran secara sempurna. Dan masing-masing peserta akan mendapatkan 4 pertanyaan dari juri.

"Kelancaran hafalan, kualitas bacaan dan keindahan suara sangat menentukan," ungkapnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya