KTP Elektronik di Solsel Telah Bisa Dicetak Kembali

AI Mangindo Kayo | Kamis, 12-04-2018 | 17:49 WIB | 311 klik | Kab. Solok Selatan
<p>KTP Elektronik di Solsel Telah Bisa Dicetak Kembali<p>Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solok Selatan, Efi Yandri. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solok Selatan, umumkan untuk pencetakan blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) talah bisa dilakukan kembali.

Kepala Disdukcapil Solok Selatan, Efi Yandri mengatakan, sebelumnya Disdukcapil tidak bisa melakukan pencetakan blangko KTP. Kendalanya, blangko KTP yang tersedia telah habis dan belum dikirim dari pusat. Selain itu, rebond atau tinta printernya juga mengalami hal yang sama.

"Namun untuk KTP elektroniknya, surat perekaman bisa sebagai pengganti KTP dan berlaku untuk semua urusan," katanya.


Menurutnya, biasanya kendala seperti ini sering ditemukaan pada awal tahun. Karena, blangko KTP pada saat itu memulai proses pengadaan di pusat. Kemudian, untuk tinta printernya sendiri telah habis sesuai dengan anggaran yang tersedia.

"Saat ini, untuk antisipasi kehabisan tinta printer. Kita melakukan peminjaman ke salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Sementara, kita mendapatkan pinjaman sebanyak tiga unit tinta tersebut," jelasnya.

Untuk penganggarannya, saat ini pihaknya tengah melakukan pergeseran anggaran untuk pembelian penambahan tinta printer tersebut untuk 2018. Pergeseran anggaran itu telah disetujui.

"Sebelumnya, kita menganggarkan 7 unit tinta printer. Pada pergeseran anggaran ini, dianggarkan kembali sebanyak 10 unit tinta printet tersebut," tuturnya.

Untuk upaya mempermudah pelayanan lanjutnya, Disdukcapil telah mengusulkan penambahan 7 unit printer untuk dimasing-masing kecamatan kecamatan. Sementara, untuk dua unit printer yang ada saat ini di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Sungai Pagu juga telah rusak.

"Besaran anggara yang diajukan lebih kurang sebesar Rp600 jutaan," pungkasnya. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya