RRI Padang Gelar Kemilau Batu Akik Nusantara

Wagub: Batu Akik Tumbuhkan Ekonomi dan Wisata

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-03-2015 | 12:35 WIB | 1478 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Wagub: Batu Akik Tumbuhkan Ekonomi dan Wisata<p>Wagub Sumbar Muslim Kasim bersama Hendra Irwan Rahim (ketua DPRD Sumbar) dan unsur muspida lainnya, memperlihatkan batu akik yang dikenakan saat pembukaan Kemilau Batu Akik Nusantara yang digelar RRI

VALORAnews -- Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim mengapresiasi RRI Padang yang menggelar "Kemilau Batu Akik Nusantara" pada Rabu, 30 Maret hingga Sabtu, 4 April 2015 nanti. Menurutnya, iven ini sekaligus menjawab booming batu akik yang makin digandrungi berbagai lapisan masyarakat.

"Kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat serta mendukung program pariwisata di daerah ini. Pemprov Sumbar sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan pameran dan kontes batu akik ini," kata Muslim Kasim saat membuka acara.

Turut hadir pada pembukaan pameran dan kontes kemilau Batu Akik Nusantara tersebut, Ketua DPRD Sumbar, H Hendra Irwan Rahim, Danrem 032 Wirabraja, Kapolda Sumbar, Kajati Sumbar, Dan Lantamal II Teluk Bayur, Dan Lanud Tabing, walikota Padang, ketua DPRD Padang dan Kapolresta Padang.


Pada seremonial pembukaan, juga ditandai pemasangan cendera mata berupa cincin batu akik oleh kepala RRI Padang, Mirza Musa kepada Wagub Sumbar Muslim Kasim dan muspida. Kemudian dilakukan peninjauan stand pedagang dan perajin batu akik.

Sementara, Mirza Musa menyampaikan, pameran dan kontes batu akik ini dalam rangka merespon aspirasi masyarakat. "RRI sebagai rumah rakyat Indonesia, ikut berpartisipasi makin mem-booming-kan batu akik khususnya batu akik dari Sumatera Barat," terangya.

Batu akik lokal Sumatera Barat yang dipamerkan antara lain Lumuik Sungai Dareh, Lumuik Suliki dan Black Diamond. Sedangkan batu akik Nusantara di antaranya jenis Bacan, Kalimaya, Kecubung dan jenis lainnya hati.

Iven kali ini juga digelar kontes batu akik yang dilaksanakan di loby dan auditorium RRI Padang, Jl. Sudirman. Kelas yang diperlombakan Chalcedony, Indocrase, Moss Agate dan Batu Unik. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya