SDN Talantam Ditinggal Guru Sejak 15 Tahun Lalu

AI Mangindo Kayo | Kamis, 31-05-2018 | 23:13 WIB | 162 klik | Kab. Solok Selatan
<p>SDN Talantam Ditinggal Guru Sejak 15 Tahun Lalu<p>Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 34 Talantam, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan pasca ditinggal gurunya sejak 15 tahun terakhir. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Masyarakat Jorong Gasing, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan berharap Sekolah Dasar (SD) Negeri 34 Talantam, kembali difungsikan seperti semula. Menyusul selama 15 tahun terakhir, sekolah tersebut ditinggal guru yang mengajar didaerah itu.

Camat Sangir Batang Hari, Gurhanadi mengatakan, masyarakat didaerah itu sangat berharap sekali sekolah dasar satu-satunya yang ada di daerah itu kembali berfungsi seperti sedia kala. Hal ini agar masyarakat sekitar tidak lagi menyekolahkan anak mereka ke luar kampung itu.

"Saat ini masyatakat yang ada di daerah ini, menyekolahkan anak-anak mereka ke luar kampung. Bahkan, ada sebagian dari mereka yang sekolah di kabupaten tetangga Dharmasraya," katanya.


Menurutnya, sejak dibangun 1997 silam, sekolah ini berjalan dengan lancar dan aman. Namun, sejak tahun 2003, sekolah ini tidak ada lagi aktivitas karena ditinggalkan oleh guru yang mengajar disekolah itu.

"Tak tahu penyebab pasti. Namun, guru-guru yang ada disekolah itu satu per satu meniggalkan sekolah itu," katanya.

Mungkin, lanjutnya, sekolah itu berada didaerah terisolir dan tidak memiliki akses transportasi darat dan jaringan komunikasi memuat para guru tidak betah mengajar di sekolahnya.

"Saat ini, bagi mereka yang memiliki ekonomi yang lumayan, bisa menyekolahkan anaknya hingga ke kabupaten tetangga. Namun, bagi ekonomi yang pas-pasan sulit bagi mereka menyekolahkan anaknya," jelasnya.

Diharapkan, Pemkab Solok Selatan mencarikan solusinya bagi sekolah itu. Sehingga, masyatakat disini juga bisa memperoleh pendidikan yang layak.

Sementara itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat mengunjungi daerah itu, berjanji akan mencarikan solusi yang terbaik secepatnya.

"Kita akan instruksikan kepada Dinas Pendidikan segera untuk mencatikan jalan keluarnya. Agar anak-anak yang ada di daerah itu bisa bersekolah," pungkasnya. (dky)

Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Hendra Irwan Rahim

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya