Faisal Nasir Tutup Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di Masjid Al Habib

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 02-06-2018 | 22:17 WIB | 217 klik | Kota Padang
<p>Faisal Nasir Tutup Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di Masjid Al Habib<p>Anggota Fraksi PAN DPRD Padang, Faisal Nasir bersama Syafriadi Autid (Wakil Ketua Baznas Padang) dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Habib foto bersama dengan peserta pesantren ramadhan, usai penutupan yang digelar berbarengan dengan peringatan nuzul quran, Sabtu (2/6/2018). (istimewa)

VALORAnews - Berakhirnya kegiatan pesantren Ramadhan bagi pelajar tingkat SD dan SMP, bukan berarti para pelajar itu langsung berhenti mempelajari ilmu agama. Agar mereka (peserta pesantren ramadhan-red) itu tetap bersemangat ke masjid ataupun mushalla, pengurus diharapkan bisa merancang kegiatan keislaman yang disukai anak-anak yang menginjak usia remaja ini.

Demikian dikatakan Anggota DPRD Padang, Faisal Nasir, saat menutup kegiatan Pesantren Ramadhan di Masjid Al Habib, Komplek Indah Pratama, Kelurahan Surau Gadang, kecamatan Nanggalo, Sabtu (2/6/2018) malam.

Penutupan pesantren ramadhan ini didahului dengan buka bersama yang dihadiri warga, peserta pesantren ramadhan dan sejumlah anak yatim di lingkungan komplek tersebut. Di momen itu, sekaligus digelar peringatan Nuzul Quran dengan penceramah Wakil Ketua Baznas Padang, Syafriadi Autid.


"Kreatifitas pengurus masjid sangat diperlukan, agar anak-anak kita yang telah selesai jalani pesantren ramadhan, tetap bersemangat ke masjid ataupun mushalla selama Ramadhan dan bulan-bulan selanjutnya. Kita harus bentengi generasi muda ini dari pengaruh negatif dengan pendidikan agama," ungkapnya.

Dikatakan Faisal, generasi muda sekarang ini dihadapkan dengan tantangan peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba). Kemudian, juga ada pengaruh gaya hidup yang menjurus pada perilaku menyimpang seperti lesbian, gay, bisex dan transeksual (LGBT).

"Mari kita makmurkan masjid ini dengan tidak hanya melakukan syiar agama Islam. Namun, kita isi juga dengan berbagai aktivitas lainnya seperti seni bela diri Silat, remaja masjid dan lainnya," ajak Faisal Nasir.

Selain itu, Faisal Nasir juga mengharapkan dukungan warga, agar anak-anak tetap terjaga dalam fitrah keislamannya. Salah satunya yaitu aktif menyukseskan gerakan 18.21 yaitu mematikan televisi mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB lalu mengisinya dengan kegiatan keagamaan dan mengulang pelajaran.

"Anak-anak kita ini adalah pemimpin di masa depan. Kita harus menyiapkan mereka agar jadi pemimpin yang membawa kemaslahatan bagi bangsa dan negara serta agama kita," terangnya.

Pada penutupan ini, panitia juga menyerahkan hadiah berupa piala yang merupakan donasi dari Faisal Nasir (anggota Fraksi PAN DPRD Padang) untuk level SD dan Hidayat (Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar) untuk level SMP.

Selain itu, Syafriadi Autid juga didaulat untuk menyerahkan sertifikat kelulusan bagi santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Taman Pendidikan al Quran (TPQ) Masjid Al Habib, yang telah lulus ujian, beberapa waktu lalu.

Pada penutupan ini, panitia menampilkan berbagai keterampilan yang telah diperoleh para santri selama menempuh pendidikan selang dua pekan pesantren ramadhan pada 1439 H ini. Seperti, pembacaan Asmaul Husna oleh Salsabillah dan kawan-kawan. Kemudian, Syahir Quran (Pidato) oleh Gali, Nayla dan Rafa Firmansyah dan pembacaan al Quran berikut saritilawahnya.

"Kita sengaja menampilkan anak-anak kita yang ikut pesantren ramadhan ini, untuk mengisi acara penutupan yang sekaligus dirangkai dengan peringatan Nuzul Quran. Seperti itulah, keterampilan yang didapat anak-anak kita selama ikut pesantren Ramadhan di sini," ungkap Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Habib, Azwir Wiraputra.

Di kesempatan itu, Azwir kembali menyampaikan sejumlah kegiatan syiar Islam yang telah rutin digelar di Masjid Al Habib. Selain melaksanakan pendidikan MDTA/TPQ, juga ada kegiatan rumah tahfiz, latihan seni bela diri Silat, pustaka masjid maupun pelaksanaan wirid rutin lainnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya