SD Kencana Sawit Solsel Siap Bersaing di LSS Nasional 2018

AI Mangindo Kayo | Selasa, 10-07-2018 | 17:49 WIB | 379 klik | Kab. Solok Selatan
<p>SD Kencana Sawit Solsel Siap Bersaing di LSS Nasional 2018<p>Hall serbaguna sekolah milik Yayasan Yayasan Kencana Sawit Indonesia (KSI) Solok Selatan (Solsel). SD swasta ini ditunjuk mewakili Sumatera Barat pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional untuk tingkatan SD/MI. (facebook Rages Andeska Putra)

VALORAnews - Sekolah Dasar Swasta (SDS) Yayasan Kencana Sawit Indonesia (KSI) Solok Selatan (Solsel), ditunjuk mewakili Sumatera Barat pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional untuk tingkatan SD/MI.

Penilaian sendiri akan dilakukan pada 31 Juli 2018 mendatang, sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia nomor 3464/D/TU/2018.

"Saat ini kita tengah bersiap menyambut tim penilai dari pusat. Tak ada upaya khusus yang disiapkan, sebab sekolah memang telah memiliki komitmen untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat bagi siswa sejak dini," kata Wakil Kepala SDS KSI, Giva Anis Gia.


Ditunjuknya SDS KSI Solsel mewakili provinsi ke pentas nasional itu, setelah sekolah ini berhasil memenangi lomba LSS Tingkat Sumbar dan didaulat sebagai juara pertama awal Desember 2017 lalu.

Turut mewakili, TK Al-Azhar dari Kota Padang untuk satuan pendidikan TK/RA. MTsN Salido Pesisir Selatan mewakili satuan pendidikan SMP/MTs dan SMAN 5 Bukittinggi mewakili satuan pendidikan SMA/MA.

"Tim penilai dari Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dijadwalkan datang pada 31 Juli mendatang ke sini. SDS KSI bersiap melaju ke kancah nasional setelah meraih juara pertama LSS tingkat Sumbar untuk SD/sederajat. Semoga bisa mengharumkan nama daerah dengan dukungan semua pihak," ujarnya.

Menurut Giva, prestasi itu berkat hasil kerjasama dengan manajemen perusahaan PT KSI dan instansi terkait lainnya. Serta katanya merupakan buah dari solidaritas seluruh guru, walimurid, siswa dan kepala sekolah untuk mewujudkan cita-cita sekolah sehat.

"Upayanya dimulai dari perilaku hidup sehat, menyediakan sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah. Ada sekitar 15 item yang akan menjadi acuan penilaian nantinya dan 75 persen sudah rampung, sekarang tinggal mempersiapkan administrasi," katanya.

SDS KSI ini merupakna salah satu sekolah dasar bertaraf internasional yang berada di kawasan perkebunan sawit di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ). Dimana, untuk peserta didik mulai dari kelas dua hingga kelas enam, menggunakan Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajarnya.

Saat ini, sekolah tersebut sudah memiliki 600 murid yang tergabung dalam 18 rombongan belajar (rombel). Para pelajar secara keseluruhan masih berasal dari putra putri karyawan perusahaan dan belum membuka penerimaan murid di luar dari.

"Sekolah memiliki guru sebanyak 26 orang dengan sistem belajar dua waktu, pagi dan siang. Peserta didik berasal dari anak karyawan perusahaan dan belum menerima siswa dari luar, karena kuota ruang belajar belum memenuhi," ujarnya.

Ke depan, imbuh Giva, selain peningkatan sarana prasarana pihak perusahan dan sekolah berkomitmen meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. "Kami berencana juga akan mengadakan pembinaan-pembinaan dengan melibatkan instansi terkait di Solsel. Supaya target meraih peringkat pertama dari segi mutu di Solsel bisa terealisasi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Solsel, Zulkarnaini mengatakan, selaku instansi terkait pihaknya terus berupaya mendorong peningkatan mutu pendidikan di SDS KSI. Bahkan, sebutnya, pihaknya juga sering mengirim guru ke sekolah itu untuk mengikuti pelatihan untuk kegiatan baik dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Selain itu, jelasnya, untuk tahun 2018 juga bakal diberikan tambahan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke SDS KSI. "In Syaa Allah, kita bakal manambah satu orang guru PNS mata pelajaran Teknologi Informasi. Kita harap SDS KSI bisa mengharumkan nama Solsel dikancah nasional, sebagai wakil Sumbar dengan memperoleh hasil yang memuaskan," harapnya.(dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya