Klinik PHT Baringin Gadang Diresmikan

AI Mangindo Kayo | Rabu, 29-07-2015 | 18:27 WIB | 649 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Klinik PHT Baringin Gadang Diresmikan<p>Danramil 06/Bayang Kodim 0311/Pessel Kapten Inf B. Sagala melakukan panen raya padi organik di Demplot padi organik seluas satu Hektar hasil kerja sama dengan masyarakat di Nagari Sawah Laweh, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (6/7/2015). (istimewa)

VALORAnews - Wali Nagari IV Koto Mudiek, Kecamatan Batangkapas, Pesisir Selatan, Syafran didampingi Abdul Aziz (Kepala Labor Bandar Buek Padang) dan Darmawinta (Koordinator PHP Pesisir Selatan) meresmikan berdirinya Klinik Pengendalian Hama terpadu (PHT) Baringin Gadang, Rabu (29/7/2015).

Peresemian klinik PHT tersebut, dihadiri Pengamat Hama Pertanian (PHP) Darmansyah, Ketua Bamus Nagari Syafrizen, ketua-ketua kelompok tani dan kepala kampung serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Syafran mengatakan, Klinik PHT yang dibangun Balai Perlindungan Tanaman Pangan Sumbar melalui Labor Bandar Buek itu, sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Karena, potensi nagari IV Koto Mudiek memang tanaman pangan khususnya padi.


"Untuk itu, saya atas nama masyarakat dan pemerintah nagari IV Koto Mudiek, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Labor Banda Buek yang telah menetapkan Nagari IV Koto Mudiek sebagai lokasi pendirian Klinik PHT, yang merupakan tempat berkoodinasinya Pos Informasi Pelayanan Agen Hayati (POSIPAH) yang tersebar pada beberapa kecamatan di Pesisir Selatan," katanya.

Sementara, Abdul Aziz dalam sambutannya mengatakan, mendukung beroparasinya Klinik PHT tersebut, labor langsung menyerahkan peralatan pembuatan pupuk organik dan obat-obatan organik dengan bahan dasar produk lokal.

Diantara peralatan yang diserahkan saat itu, menurut Abdul Aziz, microskop, miscroskop digital, kompor gas, tabung gas, semprot, kulkas, magicjar, blender dan bahan bahan untuk pembuatan pupuk organik lainnya.

"Klinik PHT yang diresmikan hari ini merupakan perpanjangan tangan dari Labor. Kedepan, diharapkan dapat mensponsori pembuatan pupuk organik dan obat-obatan pertanian dari bahan lokal. Nantinya, akan menjadi Agen Hayati yang akan membina POSIPAH," katanya.

Koordinator PHP Pesisir Selatan, Damawinda menambahkan, Klinik PHT ini merupakan rahmat bagi warga nagari IV Koto Mudiek, karena Klinik PHT ini di Sumbar baru 2 unit yaitu satu di Kota Padang dan satu lagi di Pesisir Selatan. (lek)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya