Mario Syahjohan Pantau Program Solok Selatan Emas

AI Mangindo Kayo | Senin, 27-08-2018 | 17:23 WIB | 408 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Mario Syahjohan Pantau Program Solok Selatan Emas<p>Ketua Umum Koni Solok Selatan, Mario Syahjohan memberikan arahan kepada atlet saat pemantauan program Solok Selatan emas di cabang olahraga. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Menghadapi Pekan Olaharaga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XV di Padangpariaman, November mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan terus bersiap hadapi gelaran dua tahunan olahraga provinsi itu.

Menghadapi itu, Koni Solok Selatan luncurkan program Solok Selatan Emas. Program ini, dihadirkan untuk mencetak atlet yang memiliki kemampuan tanding yang bisa bersaing dengan atlet luar.

Ketua Program Solok Selatan Emas (S2E), Eko Irawan mengatakan, saat ini tim tengah melakukan pemantauan atlet dimasing-masing cabang yang telah mengusulkan atletnya. Ada 14 cabang olahraga yang telah mengusulkan atletnya untuk program S2E tersebut.


"Program ini, dalam rencananya akan menetapkan 14 hingga 20 atlet yang akan dipersiapkan dengan pelatihan khusus," katanya.

Menurutnya, proses ini dilakukan langsung mendatangi masing-masing cabang olahraga. Tim melakukan pemantauan langsung saat atlet tersebut latihan. Ada beberapa aspek penilaian bagi atlet untuk bisa lolos dalam program S2E ini.

"Aspek utama dalam program S2E ini, atlet tersebut merupakan atlet putra daerah Solok Selatan. Dibuktikan dengan KTP dan KK Solok Selatan," jelasnya.

Kenapa diterapkan wajib warga Solok Selatan, lanjut Eko, Koni Solok Selatan benar-benar menciptakan atlet berprestasi asal daerah Solok Selatan. Arti kata, Koni setempat menciptakan atlet berpotensi yang akan membela daerahnya sendiri.

Adapun yang menjadi penilaian untuk para atlet tersebut yakni, fisik atlet, disiplin, etika, psikologi, kerja tim, penguasaan tekhnis dan penilaian penunjang lainnya.

"Setelah ditetapkan, atlet terpilih nantinya akan didilatih khusus dipusat pelatihan dimasing-masing cabang olahraga. Dengan target, atlet tersebut dipersiapkan untuk menyabet medali emas dimasing-masing cabang yang mereka ikuti," katanya.

Program ini, jelas Eko, tidak hanya untuk persiapan menganghadapi Porprov. Namun, secara jangka panjang Solok Selatan telah mempersiapkan atlet sendiri untuk menghadapi iven daerah, nasional bahkan internasional. Dan kegiatan ini akan bergulir setiap tahunnya.

Terpisah, Ketua Umum Koni Solok Selatan, Mario Syahjohan mengungkapkan, program S2E ini dihararapkan mampu mendongkrak prestasi Solok Selatan dibidang olahraga.

"Ini jadi awal dan akan terus bergulir untuk menciptakan atlet yang berprestasi," pungkasnya. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Sport lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya