PKK Solsel Kupas Inovasi Produk Unggulan, Ini Harapan Suriati Muzni

AI Mangindo Kayo | Senin, 24-09-2018 | 21:54 WIB | 173 klik | Kab. Solok Selatan
<p>PKK Solsel Kupas Inovasi Produk Unggulan, Ini Harapan Suriati Muzni<p>Ketua Klinik Industri Kecil dan Menengah (IKM) Sumbar, Fahmi tampil sebagai narasumber pada sosialisasi inovasi produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di aula kantor bupati, Senin (24/9/2018). (humas)

VALORAnews - Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan, gelar sosialisasi inovasi produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di aula kantor bupati, Senin (24/9/2018). Hal ini dilakukan, sebagai upaya mendongkarak masyarakat lebih kreatif dalam berusaha.

Ketua Klinik Industri Kecil dan Menengah (IKM) Provinsi Sumatera Barat, Fahmi yang hadir sebagai narasumber mengatakan, untuk jadi pengusaha sebaiknya karena hobi dan kesenangan supaya dalam bekerja tidak karena paksaan.

"Kalau profesi itu disenangi, maka didapat kepuasan dan kita tidak akan menjadi bosan sehingga ada inovasi untuk mengembangkan produk yang sedang dibuat," katanya.


Menurutnya, untuk jadi pengusaha jangan karena melihat orang sukses atau tuntutan ekonomi, tapi sebaiknya karena hobi atau sesuatu yang disenangi. Untuk jadi pengusaha sukses, harus memenuhi tiga hal yaitu kemauan, bekerja sungguh-sungguh dan disiplin.

"Mengapa pengusaha di Sumbar selalu ketinggalan, adalah faktor disiplin. Disiplin adalah modal utama untuk menjadi pengusaha sukses, karena kedisiplinan sangat penting dalam menjalankan usaha," ujarnya.

Selain itu, dalam bekerja harus karena kerelaan dan tidak ada paksaan supaya hasilnya memuaskan dan sesuai harapan. Selain itu untuk jadi pengusaha harus kreatif dan inovatif supaya dihasilkan produk yang dicari pasar dan hasilnya variatif.

Kalau semua sudah dikerjakan dan terjadi kegagalan maka jangan lari dari kegagalan tetapi jadikan sebagai evaluasi diri supaya lebih baik lagi.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Solok Selatan, Suriati Muzni mengatakan, sosialisasi inovasi produk UP2K merupakan kegiatan awal untuk mendongkrak dan memotivasi masyarakat agar kreatif dalam meningkatkan ekonomi yang produktif.

"Kegiatan ini merupakan salah satu instrumen penting dalam mengukur efektifitas peningkatan kualitas dalam perpaduan bermacam keahlian dan kemahiran. Untuk itu perlu dukungan, koordinasi dan sinergitas semua komponen dan lembaga-lembaga lainnya," katanya.

Menurutnya, banyak kader-kader PKK dan masyarakat yang punya aneka ragam keterampilan dan kemahiran, tetapi belum terdata dan tidak terkordinir di TP PKK Nagari. Untuk itu, pengurus PKK untuk bekerja dengan nuansa hati dan pendekatan agar dapat menyatukan semangat baru kepada kader-kader, sebab hal tersebut sangat penting mengingat peran vital kader sebagai eksekutor kegiatan PKK, karena mereka bersentuhan langsung dan berhadapan dengan masyarakat.

"Semakin banyak masyarakat yang berpikir rasional dan jernih, maka semakin berhasil pula realisasi program PKK untuk peningkatan ekonomi," ujarnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya