Minang Diaspora Network Global Gelar Pertemuan di Melbourne

Mahyeldi Gagas Pertemuan Perantau Minang se-Dunia 2020 di Padang

AI Mangindo Kayo | Senin, 01-10-2018 | 17:47 WIB | 135 klik | Internasional
<p>Mahyeldi Gagas Pertemuan Perantau Minang se-Dunia 2020 di Padang<p>Wako Padang, Mahyeldi mempresentasikan potensi Kota Padang pada peserta pertemuan Minang Diaspora Network Global (MDN-G) di Melbourne, Australia, 29 September 2018. Pertemuan ini digelar sampai 2 Oktober 2018. (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi mengikuti rangkaian kegiatan jaringan perantau Minang Dunia yang tergabung dalam Minang Diaspora Network Global (MDN-G) di Melbourne, Australia, 29 September sampai 2 Oktober 2018.

MDN-G yang digagas Minang Saiyo Melbourne ini, dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Hendra Irwan Rahim (Ketua DPRD Sumbar), Mukhlis Rahman (Walikota Pariaman), Riza Fahlepi (Walikota Payakumbuh) serta beberapa SKPD Pemprov Sumbar serta para perantau Minang dari berbagai negara.

Di kesempatan itu, Mahyeldi menjelaskan, banyak potensi-potensi yang dimiliki perantau di berbagai negara yang bisa dikapitalisasi untuk pembangunan Kota Padang. Baik yang berkaitan dengan investasi, kerjasama pendidikan, IT, kesehatan dan yang lainnya.


"Kita sudah menyiapkan beberapa agenda kerjasama, termasuk menindaklanjuti MoU Gubernur Sumbar dengan Deakin University Melbourne," ungkap Mahyeldi, Ahad (30/9/2018).

Di kesempatan itu, Mahyeldi didampingi Kepala Dinas PMTSP, Rudy Rinaldy, Yenni Yuliza (Kepala Dinas PRKPP), Edi Dharma (Kabag Perekonomian) dan Harneli Bahar (Ketua PKK Kota Padang).

Mahyeldi menambahkan, sinergitas dengan MDN-G juga akan ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan perantau Minang se-dunia pada 2020, sebagai bentuk langkah konkrit Pemko Padang untuk melibatkan perantau yang tersebar di berbagai negara, dalam pembangunan Kota Padang dan Sumatera Barat.

"Niat baik para perantau untuk membangun kampung halaman, harus kita sambut baik. Apalagi, banyak dari perantau kita yang memiliki kemampuan luar bisa. Ada yang ahli ekonomi dan pengusaha, pejabat militer, dosen dan profesi lainnya," ujar Mahyeldi.

Pada acara tersebut, Mahyeldi juga mempresentasikan peluang investasi di Kota Padang serta peluang kerjasama lainnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Adapun rangkaian kegiatan MDN-G antara lain, Seminar Adat Budaya Dan Pendidikan, Seminar Investasi serta Pariwisata Minang Diaspora Networ Global Meeting dan Festival Minangkabau. Juga digelar pertemuan dengan pejabat City Council Of Port Melbourne membahas tentang Waste Management dan Perencanaan Penataan Kota yang baik yang terintegrasi dengan dinamika kota.

Selanjutnya, pertemuan dengan Deakin University (Prof Ismet Fanany, Associate Professor Rebecca dan Tim Deakin), terkait rencana kerjasama sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara gubernur Sumbar dengan Daikin University, pertemuan dengan Ikatan Keluarga Minang Saiyo terkait rencana kerjasama dengan perantau yang bisa dilakukan sekaligus kunjungan ke beberapa lokasi strategis.

Pembicara pada kegiatan seminar tersebut antara lain, Tan Sri Datuk Besar DR Rais Yatim (Ketua Dewan Penasehat Jaringan Perantau Minang Dunia/Menteri di Kerajaan Malaysia, sejak 1978), Dr Robecca Fanany (Deakin Universty), Hasril Chaniago (wartawan/penulis), Dr Fasli Jalal (Mantan Wakil Menteri Pendidikan).

Kemudian, Prof Dr Ismet Fanany (Guru Besar di Deakin Universty), Prof Dr Jurnalis Uddin (Ketua Yayasan Yarsi) dan Prof Dr Firdaus Abdullah (Malaysia), Prof Dr Irwan Prayitno (gubernur Sumatera Barat), Komjen Pol (Purn) Ahwil Loethan (Mantan Duta Besar RI di Meksiko) dan H Mahyeldi SP (Walikota Padang). (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Internasional lainnya