Komite IV DPD RI Himpun Masukan tentang RUU Konsultan Pajak di Padang

AI Mangindo Kayo | Selasa, 09-10-2018 | 21:30 WIB | 186 klik | Nasional
<p>Komite IV DPD RI Himpun Masukan tentang RUU Konsultan Pajak di Padang<p>Sekda Kota Padang, Asnel memberikan masukan pada pertemuan dengan Komite IV DPD RI di Balaikota Padang, Selasa (9/10/2018). Kunjugan Komite IV DPD RI ini dalam rangka mencari masukan terkait RUU Konsultan Pajak. (humas)

VALORAnews -- Wakil Ketua Komite IV DPD RI, Ayi Hambali mengungkapkan, kedatangan bertujuan untuk menampung masukan dalam rangka inventarisasi materi penyusunan pandangan DPD RI terhadap RUU tentang Konsultan Pajak. Profesi ini merupakan pekerjaan mulia dan diperlukan negara. Namun, kecenderungan orang melihat konsultan pajak dianggap negatif.

"Sesungguhnya konsultan pajak akan mendudukan orang membayar pajak. Sementara pajak merupakan tulang punggung negara, yang saat ini persentase wajib pajak sangat rendah. Makanya RUU ini sangat penting," kata Ayi Hambali di Balaikota Padang, Selasa (9/10/2018).

Kunjungan Komite IV DPD RI ini, dalam rangka menampung masukan berkaitan dengan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Konsultan Pajak. Kehadiran 12 anggota komite ini disambut Sekda Kota Padang Asnel. Pertemuan itu juga diikuti sejumlah praktisi keuangan dari perbankan, akademisi dan praktisi perpajakan.


Dengan kunjungan tersebut, kata Ayi, pihaknya mendapatkan beberapa masukan dan akan menjadi bahan pembahasan nantinya di pusat.

"Hari ini kami dapat masukan yang konstruktif. Nantinya, kita akan berikan masukan pada DPR tentang RUU konsultan pajak ini," tambahnya.

Di sisi lain, ia juga mengapresiasi bahwa, masyarakat di Sumbar dan dalam hal ini Kota Padang sudah mengerti bahwa sangat perlu konsultan pajak ini. Sehingga, baik masyarakat sebagai wajib pajak maupun pemerintah sebagai penerima pajak bisa diberlakukan secara adil.

"Kita melihat, Kota Padang memiliki kemandirian di dalam ekonomi. Hal itu terbukti dengan jumlah wajib pajak di sini cukup banyak dan di sini juga ada konsultan pajaknya," sebut Ayi.

Menurut dia, setelah ini masukan dari daerah akan difinalisasi pekan depan. Dua minggu kemudian, akan dilaporkan pada DPR RI dan pemerintah.

Sementara, Asnel menyambut baik kedatangan Komite IV DPD RI di Padang dalam rangka inventarisasi materi penyusunan pandangan DPD RI terhadap RUU tentang Konsultan Pajak.

"Kita di Kota Padang mendukung RUU tentang Konsultan Pajak ini. Sebagaimana diketahui, keberadaannya sebagai pendamping wajib pajak, memegang peranan penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak. Konsultan Pajak juga menjadi partner atau mitra bagi pemerintah daerah untuk pajak daerah dari berbagai jenis pajak yang ada," tuturnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Rantau lainnya
Berita Nasional lainnya