TPID Padang Menginspirasi Kabupaten Tangerang

AI Mangindo Kayo | Kamis, 11-10-2018 | 19:53 WIB | 164 klik | Kota Padang
<p>TPID Padang Menginspirasi Kabupaten Tangerang<p>Sekda Padang, Asnel memaparkan tentang TPID pada rombongan Kunker Kabupaten Tanggerang yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Adiyat Nuryasin, Kamis (11/10/2018) di kantor balaikota Padang. (humas)

VALORAnews - Kesuksesan yang diraih Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang, sejauh ini mampu menginspirasi TPID lainnya di Indonesia. Salah satunya dari TPID Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Kamis (11/10/2018), rombongan TPID Kabupaten Tangerang yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Adiyat Nuryasin itu menyambangi Pemerintah Kota Padang. Sekretaris Daerah (Sekda) Padang, Asnel menyambut rombongan yang berjumlah 10 orang itu, dengan menyajikan sejumlah pemaparan dan saling sharing informasibersama di ruangan Sekda, Balaikota Padang.

Adiyat Nuryasin mengungkapkan, kunjungan kerja (kunker) ini dilatarbelakangi prestasi TPID Kota Padang yang telah meraih kota terbaik dalam pengendalian inflasi secara berturut-turut sampai 2018.


"Kami dari Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin belajar dan mengetahui kiat-kiat keberhasilan TPID Kota Padang," ungkapnya.

Selain itu, katanya, TPID Kabupaten Tangerang juga ingin memperoleh informasi beberapa hal kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian. Di antaranya terkait perubahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi dua, yakni Perusahaan Umum Daerah (Perumda) dan Perusahaan Perseroan Daerah (Peseroda).

"Tak hanya itu, kita juga ingin memperoleh informasi tentang sistem informasi satu data pembangunan daerah Kota Padang yang kita dengar cukup baik," sebutnya.

Asnel atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik kunker tersebut. Ia berharap pertemuan ini diharapkan saling mengisi antara kedua belah pihak terutama untuk peningkatan TPID ke depan.

"Alhamdulillah, TPID Kota Padang tahun 2018 ini telah meraih penghargaan TPID Terbaik terbaik di kawasan Sumatera. Ini berdasarkan penilaian evaluasi kinerja di 2018, yang merupakan buah hasil kerja keras seluruh unsur dan instansi yang tergabung dalam TPID Kota Padang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Padang, Edi Dharma mengatakan, kelancaran tugas dari TPID Kota Padang berkat kerjasama seluruh OPD Pemko Padang beserta stakeholders yang ada di Kota Padang maupun di daerah sentra produksi.

"Kita selalu berupaya mengendalikan inflasi di Kota Padang. Dengan sinergi dan koordinasi yang baik, alhamdulillah berbagai hal yang berkaitan dengan inflasi dapat terjaga sejauh ini," tukasnya.

Diungkapkannya, dalam menjaga inflasi, TPID Kota Padang melakukan berbagai upaya salah satunya melakukan kerjasama antar pemerintah daerah yang surplus produk pangan, hingga mewaspadai kemungkinan terjadinya kenaikan harga secara mendadak terhadap komoditi tertentu diantaranya beras, cabai, bawang dan lainnya.

Di samping itu, juga senantiasa memantau kebutuhan ekonomi mulai ketersediaan, keterjangkauan harga hingga kelancaran distribusi barang pangan. Kemudian mengantisipasi kemungkinan penyebab inflasi lainnya.

"Kita telah menyusun langkah-langkah sistematis dalam memetakan jumlah ketersediaan dan kebutuhan produk pangan di Kota Padang. Selanjutnya juga melakukan rencana strategis dalam menjaga inflasi pada momen dan waktu tertentu. Seperti biasanya pada bulan Ramadhan hingga lebaran, hari raya natal dan tahun baru serta libur sekolah dan lainnya," tandasnya.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak saling menyerahkan cendera mata. Dimana, rombongan TPID Kabupaten Tangerang juga diikuti Kabag Ekonomi Pembangunan Kabupaten Tangerang Farida, Kabag Layanan Pengadaan Iskandar serta lainnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya