BI Corner Diresmikan di Kampus UPI, Ini Harapan Endy Dwi Tjahjono

AI Mangindo Kayo | Rabu, 31-10-2018 | 21:10 WIB | 247 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>BI Corner Diresmikan di Kampus UPI, Ini Harapan Endy Dwi Tjahjono<p>Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono menggunting pita bersama Wakil Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Siti Rizki Mulyani didampingi Prof Sarjon Defit (Rektor UPI), tanda diresmikannya BI Corner di kampus yang berada di kawasan Lubeg, Padang, Rabu (31/10/2018). (humas)

VALORAnews - Bank Indonesia menargetkan akan membangun sekitar 250 unit BI Corner dengan total anggaran Rp18,75 miliar. Khusus untuk Sumatera Barat, akan didirikan empat unit BI Corner di beberapa perpustakaan daerah di Sumatera Barat.

"Perpustakaan Universitas Putra Indonesia (UPI) dipilih melalui serangkaian asesmen dan pemenuhan kriteria yang telah ditetapkan," ungkap Kepala Perwakilan BI Sumbar Endy Dwi Tjahjono, saat peresmian BI Corner di Kampus UPI, Selasa (31/10/2018).

Kriteria itu di antaranya, antara lain perpustakaan ini dikelola dengan baik, memiliki luas ruangan minimal 12 meter per segi, mempunyai sarana fasilitas yang memadai termasuk wifi dan pendingin ruangan, bersedia merawat segala fasilitas yang diberikan BI dan yang terpenting adalah banyaknya pengunjung aktif perpustakaan yang mengindikasikan bahwa perpustakaan tersebut memang dibutuhkan.


"Melalui desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman seperti fasilitas komputer, TV dan sofa serta kelengkapan buku-buku ekonomi yang ditawarkan mulai dari berbentuk hardcopy sampai dengan buku digital, diharapkan dapat semakin menarik awareness masyarakat untuk berkunjung ke BI Corner, terutama di Perpustakaan Universitas Putra Indonesia," harap Endy.

Pada kesempatan itu, Endy memberikan 1.245 eksemplar buku yang akan ditempatkan di BI Corner UPI dengan rincian 214 buku maupun publikasi Bank Indonesia dalam bentuk hardcopy dan 1.031 dalam bentuk buku, publikasi, maupun jurnal ekonomi digital.

Hingga 2018 ini, BI Padang telah membangun tujuh unit BI Corner di Sumatera Barat. Yakni, BI Corner di Perpustakaan Universitas Andalas (2015), BI Corner di Perpustakaan IAIN Batusangkar, Perpustakaan Universitas Negeri Padang dan Perpustakaan Universitas Dharmas Indonesia (2016) serta BI Corner di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Perpustakaan IAIN Bukittinggi dan Perpustakaan Andalusia Universitas Putra Indonesia (2018).

"Kami menyadari, upaya untuk mencapai visi kami, yakni menjadi bank sentral yang berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia dan terbaik diantara negara emerging markets, bukanlah sesuatu yang mudah. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat luas," terangnya.

"Tidak hanya kebijakan, hal yang mendasar seperti tugas pokok, fungsi dan kedudukan bank sentralpun masih banyak masyarakat yang belum memahami secara utuh, padahal bank sentral dijelaskan secara spesifik dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada pasal 23," tambah Endy seputar maksud dibangunnya BI Corner ini.

Dikatakan Endy, tidak hanya menjaga stabilitas perekonomian melalui kebijakan-kebijakan yang ditempuh dalam skala nasional, Bank Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus meningkatkan dan memberdayakan perekonomian lokal, salah satunya melalui penyaluran Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI yang jika diibaratkan dengan korporasi.

PSBI ini dapat disetarakan dengan Corporate Social Responsibility atau CSR. Pada 2018 ini, Bank Indonesia fokus pada 6 tema unggulan dalam penyaluran PSBI, yakni: 1) Ketahanan Pangan Strategis; 2) Komoditas Unggulan; 3) Pemberdayaan Perempuan; 4) Ekonomi Kreatif; dan 5) Ekonomi Syariah dan 6) Indonesia Cerdas.

"Salah satu bentuk mendukung terselenggaranya penyaluran PSBI Indonesia Cerdas adalah dengan pembangunan pojok baca Bank Indonesia di beberapa lokasi perguruan tinggi di seluruh Indonesia, termasuk di Perpustakaan Universitas Putra Indonesia dengan ukuran 4x6m2," tukas Endy.

BI Corner, harap Endy, masyarakat umum maupun mahasiswa diharapkan dapat memperoleh banyak sumber informasi ekonomi yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu juga sebagai sarana sosialisasi bagi BI agar masyarakat semakin mengenal peran, tugas dan fungsi BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik cetak maupun digital. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang paham tentang BI diharapkan dapat lebih membantu BI dalam mencapai visi dan misinya.

Pembangunan BI Corner ini, program kerja yang dilaksanakan seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia di dalam negeri, termasuk Bank Indonesia Sumatera Barat. Tidak kurang dari 200 BI Corner dibangun di seluruh penjuru negeri. Sedikitnya, 39 BI Corner telah dibangun di Pulau Sumatera hingga 2017.

Dikesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pemanfaatan perpustakaan yang dimiliki Bank Indonesia Sumatera Barat dengan UPI. "Kedepannya, kami berharap lebih banyak mahasiswa Universitas Putra Indonesia yang menimba ilmu ataupun menjadikan perpustakaan BI Sumatera Barat sebagai salah satu sumber referensi terpercaya terutama dalam bidang perekonomian," harapnya.

Perpustakaan Bank Indonesia Sumatera Barat memiliki lebih dari 11.515 eksemplar buku bacaan dan publikasi Bank Indonesia yang kini dapat dipinjam mahasiswa dan staf akademis Universitas Putra Indonesia dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami juga berharap, nantinya lebih banyak lagi kerja sama antara Bank Indonesia dan UPI seperti penyelenggaraan sosialisasi kebanksentralan dan program kerja lainnya yang dimiliki oleh Bank Indonesia Sumatera Barat, termasuk penyelanggaraan bedah buku," terangnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya