LPSE Solsel Raih Penghargaan dari LKPP, Ini Kriterianya

AI Mangindo Kayo | Senin, 05-11-2018 | 20:56 WIB | 177 klik | Kab. Solok Selatan
<p>LPSE Solsel Raih Penghargaan dari LKPP, Ini Kriterianya<p>Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman menerima penghargaan dari Ketua LPSE Solok Selatan. (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) menerima penghargaan Komitmen Penerapan Standar LPSE 2018 dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penghargaan diserahkan dalam acara Rakornas PBJ Tahun 2018, di Sabuga Center Institut Tekhnologi Bandung, Selasa (30/10/2018).

Penghargaan diserahkan langsung Kepala LKPP RI, Agus Prabowo kepada Pemkab Solok Selatan yang diwakili Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Solok Selatan, Martin Edi yang didampingi Ketua LPSE, Jatmika Danang Setiawan.

"Penghargaan ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi LPSE dan untuk Pemkab Solok Selatan sendiri, karena telah memenuhi standar komitmen LPSE 2014," ujar Wabup Solsel, Abdul Rahman, ketika menerima tim LPSE Solsel saat melaporkan penghargaan tersebut di ruangan kerjanya, Senin (5/11/2018).


Dia mengimbau, penghargaan yang telah didapatkan ini, terus memotivasi pihak-pihak terkait untuk terus menjaga dan meningkatkan 17 standar layanan pengadaan LPSE sebagaimana yang telah ditetapkan secara nasional. Standar layanan, menurutnya, juga dibutuhkan agar tercipta iklim dan suasana persaingan yang sehat.

"Mari jadikan LPSE dan ULP sebagai pilar utama perubahan pengadaan barang dan jasa dengan menciptakan iklim dan suasana persaingan yang sehat bagi penyedia barang dan jasa, agar percepatan pelaksanaan pembangunan tepat mutu, tepat sasaran dan tepat anggaran," imbau Abdul Rahman yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Epli Rahmat.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Martin Edi mengatakan, penghargaan tersebut didapatkan berkat kerja keras semua pihak serta dorongan yang kuat dari unsur pimpinan daerah.

"Dibawah komando Bupati, Wabup dan juga Sekda, kita mendapatkan penghargaan komitmen penerapan standar ini. Semoga ini dapat jadi semangat bagi LPSE untuk berbuat maksimal dan menjalankan pemerintahan yang lebih baik khususnya pada sektor pengadaan barang dan jasa," harap Martin.

Ia menjelaskan, penghargaan diserahkan dikarenakan berdasarkan monitoring LKPP Pusat sebagai pembina dan pengawas terhadap penyelenggaraan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), LPSE Solsel dianggap telah memenuhi seluruh standar LPSE 2014.

Standar-standar itu sendiri dibuat untuk memastikan layanan pengadaan pada LPSE dapat berjalan dengan baik untuk meningkatkan kualitas layanan, keamanan informasi dan kapasitas LPSE itu sendiri.

"secara nasional, baru 72 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan LPSE ini. Termasuk salah satunya Solok Selatan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua LPSE Solsel, Jatmika Danang Setiawan menambahkan, terjaminnya keamanan sitem pelayanan, jadi salah satu poin penilaian dari 17 standardisasi. LPSE pada Pemkab Solsel sendiri sudah dilengkap dengan infrastruktur atau sarana dan prasarana yang memadai, khususnya terkait pengamanan server.

"Pengadaan ruang server yang jauh dari akses publik, keberadaan CCTV di ruangan server dan akses masuk menuju ruang server yang menerapkan security lock yang berbasis finger print," terang Jatmika merinci salah satu standar layanan yang ada.

Standar-standar lainnya, menurut Jatmika, di antaranya standar kebijakan layanan, standar pengelolaan layanan help desk, standar pengelolaan keamanan perangkat, standar pengelolaan kepatuhan, standar penilaian internal, serta standar-standar lainnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya