Tiga Dosen FIS UNP Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen Masjid, Ini Targetnya

AI Mangindo Kayo | Senin, 05-11-2018 | 21:55 WIB | 198 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Tiga Dosen FIS UNP Gelar Pelatihan Pengelolaan Manajemen Masjid, Ini Targetnya<p>Ketua Tim Pelaksana Kegiatan pengelolaan manajemen masjid LP2M UNP, Alfurqan saat memberikan pelatihan di Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Pasaman, 31 Agustus 2018 lalu. (istimewa)

VALORAnews - Tiga orang pengampu Mata Kuliah Agama Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (FIS UNP) menggelar pelatihan pengelolaan manajemen masjid di Nagari Ganggo Mudiak, Kecamatan Bonjol, Pasaman, pada 31 Agustus sampai 1 September 2018 lalu.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat terutama pengurus dalam bidang organisasi dan administrasi masjid yang efektif dan efesien," ungkap Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Alfurqan.

Dikatakan Alfurqan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNP. Bersama Alfurqan, ikut memberikan pelatihan dua dosen pengampu mata kuliah agama lainnya, Murniyetti dan Zainurni Zein


Dengan pelatihan ini, terang Alfurqan, masyarakat terutama pengurus masjid diharapkan memiliki kemampuan dalam pengelolaan kegiatan dalam mengembangkan dan memberdayakan masjid sebagai tempat ibadah seperti shalat lima waktu, shalat Jumat, pembinaan remaja masjid, penerbitan buletin dan pengelolaan perpustakaan.

Selain itu, juga mempunyai kemampuan manajemen riayah yaitu memelihara, menjaga dan mengembangkan fisik serta fasilitas masjid termasuk menjaga keamanan dan kenyaman masjid.

Sementara itu, Wali Nagari Ganggo Mudiak, Ali Azwir menyebut, kegiatan pengabdian masyarakat tiga dosen yang diutus LP2M UNP ini telah membantu masyarakat dalam memahami persoalan yang ada dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

"Kami berharap, untuk tahun berikut bisa dilaksanakan kegiatan serupa dengan tema berbeda," harapnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya