Guru Mengaji Ikuti Kursus Keterampilan Kepramukaan, Ini Harapan Mahyeldi

AI Mangindo Kayo | Selasa, 06-11-2018 | 20:37 WIB | 152 klik | Kota Padang
<p>Guru Mengaji Ikuti Kursus Keterampilan Kepramukaan, Ini Harapan Mahyeldi<p>Wako Padang, Mahyeldi memberikan arahan pada kursus orientasi dan keterampilan kepramukaan bagi guru-guru TPQ/TQA/MDT se-Kota Padang, di Masjid Agung Nurul Iman Lantai II, Selasa (6/11/2018). (humas)

VALORAnews - Gerakan kepramukaan merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda, anak-anak dan pemuda yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun dengan menggunakan prinsip dasar metodik kepramukaan.

Kegiatan kepramukaan yang banyak dilakukan dialam bebas ini untuk membangun karakter anak bagsa sehingga menjadi anak yang disiplin, cerdas, tangkas, mandiri dan memiliki idealisme kebangsaan yang kuat.

Hal itu dikatakan Wali Kota Padang, Mahyeldi saat membuka kursus orientasi dan keterampilan kepramukaan bagi guru-guru TPQ/TQA/MDT se-Kota Padang, di Masjid Agung Nurul Iman Lantai II, Selasa (6/11/2018).


Dijelaskan Mahyeldi, melihat dari bentuk kegiatan kepramukaan, sangatlah menarik bila kegiatan didikan subuh dan pesantren Ramadhan, disandingkan dengan pola pendidikan kepramukaan. Sehingga, nantinya akan melahirkan anak-anak yang kuat nilai dan pendalaman keagamaannya dan memiliki jiwa kebangsaan hebat serta memiliki karakter yang baik.

"Mudah-mudahan dengan disandingkannya kegiatan didikan subuh dengan kepramukaan ini akan menambah minat anak-anak kita untuk didikan subuh dan sekaligus juga untuk menanamkan kemandirian yang berkarakter," ujar Mahyeldi.

Ditambahkan Mahyeldi, sengaja dilakukan kegiatan ini untuk memperbanyak kegiatan-kegiatan generasi muda ke hal-hal yang positif, kalau kegiatan positif tidak diperbanyak tentu mereka akan melakukan hal yang negatif.

"Oleh karena itu generasi muda perlu berkreasi, bermotivasi dan menghasilkan hal-hal yang baru dalam rangka mendorong generasi muda untuk beraktivitas," imbuh Mahyeldi.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padang diwakili Maigus Nasir, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Padang yang telah menggagas kegiatan pramuka berkolaborasi dengan TPQ/TQA/MDT sehingga Pramuka ini ada dimana-mana.

"Dengan adanya kegiatan ini, akan menjadikan Pramuka semakin kuat untuk membina karakter anak dan remaja," pungkas Maigus.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Jamilus menyampaikan, digelarnya kegiatan ini tujuannya adalah untuk memberi pendidikan kursus orientasi kepramukaan bagi guru-guru TPQ/TQA/MDT Se-Kota Padang.

Pesertanya berjumlah 110 orang guru-guru TPQ/TQA/MDT se-Kota Padang utusan dari BKS dan FKDT. Sedangkan narasumber dari kegiatan ini dari Pusdiklatcab gerakan Pramuka Padang dan Komunitas sumbang duo baleh Kota Padang.

"Saya berharap kepada peserta agar bisa mengikuti ini dengan sebaik-baiknya agar hasil dari kegiatan ini dapat ditransfer kepada anak-anak santriwan dan santriwati di Masjid masing-masing," tutur Jamilus. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya