Padang dan REI Upayakan Taman Kota di Setiap Kecamatan, Ini Langkahnya

AI Mangindo Kayo | Selasa, 06-11-2018 | 20:46 WIB | 119 klik | Kota Padang
<p>Padang dan REI Upayakan Taman Kota di Setiap Kecamatan, Ini Langkahnya<p>Kepala Bappeda Padang, Hervan Bahar memberikan sambutan pada FGD bersama REI Sumbar, Selasa (6/11/2018) dalam upaya mewujudkan taman kota di setiap kecamatan. (humas)

VALORAnews - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Padang, membahas berbagai bentuk dan upaya Pemerintah Kota Padang yang akan dikerjasamakan dengan pengurus Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Barat (Sumbar), tentang rencana penyediaan taman kota dalam perspektif pengembangan perumahan skala menengah di Kota Padang.

Sasaran digelarnya Focus Group Discussion (FGD) tersebut dilatarbelakangi dari salah satu bagian program unggulan Walikota-Wakil Walikota Padang terpilih Mahyeldi-Hendri Septa periode 2019-2023. Yaitunya upaya revitalisasi sarana-prasarana olahraga tingkat RT/RW dan membuat taman kota per kecamatan serta membangun pusat kreatifitas dan inovasi pemuda (youth center).

"Pernyataan dalam Progul tersebut mengandung banyak makna, sasaran yang harus kita wujudkan ke depan. Namun tetap bisa direalisasikan dalam satu lokasi kegiatan yang disebut taman kota, karena fungsinya bagi kehidupan masyarakat sangatlah multi dimensi," ungkap Kepala Bappeda Padang, Hervan Bahar saat membuka FGD di Padang, Selasa (6/11/2018).


Menurut Hervan Bahar, taman kota itu bisa sebagai tempat berkumpul bersama bagi masyarakat dan keluarga, tempat beristirahat, rekreasi, sarana olahraga, panggung seni dan budaya serta lokasi untuk melakukan penyegaran membangkitkan kreatifitas dan inovasi para pemuda.

Mengingat begitu besarnya fungsi taman kota bagi kehidupan masyarakat, urai Hervan, Pemko Padang memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya dengan upaya penyediaan lahan yang memadai dalam pembangunan taman kota per kecamatan sebagai pusat aktivitas dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Dari aspek lingkungan hidup, keberadaan taman kota merupakan bagian dari ruang terbuka hijau (RTH). Keberadaannya di tengah dinamika pembangunan kota saat ini sangat vital karena juga menjaga keseimbangan lingkungan dan kelestarian alam," cetusnya.

Hervan pun mengakui pembuatan taman kota saat ini masih bersifat insidentil dan secara sporadis yang belum mempunyai perencanaan matang dan terpadu. Sehingga tidak dipungkiri, juga terdapatnya beberapa kasus peralihan fungsi lahan RTH menjadi tempat berdirinya bangunan liar dan pedagang kaki lima (PKL).

"Maka itu, melalui progul dari Pak Mahyeldi dan Hendri Septa, kita harapkan 5 tahun ke depan Pemko Padang dapat membangun taman kota di tiap kecamatan. Mari kita dukung bersama karena manfaat dan fungsinya begitu banyak bagi masyarakat," tukasnya.

Dalam upaya rencana penyediaan taman kota dalam perspektif pengembangan perumahan skala menengah di Kota Padang, Pemko Padang menggandeng REI yang didahului melalui digelarnya FGD. Alasan memilih Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia itu, diharapkan REI bersama anggotanya tidak hanya mengajukan untuk pembangunan perumahan itu dalam skala yang kecil seperti 1 atau hanya 2 hektare lagi. Tapi bagaimana bisa melebihi 10 sampai 20 hektare di Kota Padang.

"Sehingga ke depan, minimal terdapat satu RTH di masing-masing kecamatan, dimana untuk saat ini kita sudah memiliki beberapa taman di pusat kota. Kita berharap REI memberikan sumbangsih dalam percepatan penyediaan taman kota di masing-masing kecamatan tersebut," tukasnya.

Sementara, Ketua DPD REI Sumbar, Hendra Gunawan mengatakan, siap mendukung Progul Walikota-Wakil Walikota Padang terpilih, Mahyeldi-Hendri Septa dalam pengadaan taman kota di setiap kecamatan.

"Kita dari REI, atas adanya kerjasama dengan Pemko Padang ini, yakin dan optimistis karena kita juga terbantu baik dalam penyediaan lahan atau urusan perizinan. Untuk itu, kita siap menyukseskannya," ungkapnya.

FGD ini juga dihadiri perwakilan Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, perwakilan pengurus DPP REI Pusat, Kepala Dinas PUPR Padang Fatriarman Noer serta pihak terkait lainnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya