Disdukcapil se-Sumbar Keroyok Rekam Data KTP El 25 Ribu Warga Solsel

AI Mangindo Kayo | Kamis, 08-11-2018 | 21:39 WIB | 290 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Disdukcapil se-Sumbar Keroyok Rekam Data KTP El 25 Ribu Warga Solsel<p>Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman stand perekaman KTP EL pada pekan Dukcapil Sumbar yang digelar di Solok Selatan. (humas)

VALORAnews - Untuk menuntaskan 25 ribu penduduk Solok Selatan (Solsel) yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, akan bantu perekaman KTP El di Solsel, Kamis (8/11/2018).

Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu solok selatan untuk mencapai target perekaman KTP seluruh masyarakat solsel.

Diakui dia, capaian perekaman KTP El Solok Selatan masih 80,9 persen dari rata-rata perekaman provinsi yang mencapai 90 persen.


"Dengan adanya upaya ini, akan membantu pelayanan sekaligus membuka akses masyarakat untuk bisa mendapat perekaman KTP El," tutur Abdul Rahman.

Disamping itu, ia meminta kepada camat dan wali nagari agar menyampaikan informasi perekaman KTP El ini kepada masyarakat, sehingga terget 12 ribu penduduk solsel yang belum memiliki KTP El bisa terdaftar dan memiliki KTP.

Sementara itu, Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Bencana dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, Novrial mengatakan, pekan pendaftaran penduduk secara bersama antara kabupaten/kota ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia. Ini juga merupakan aktualisasi bersama bekerja.

Atas inisatif itu, Dukcapil Sumbar mendapat apresiasi dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. "Keren Uda," ungkapnya menirukan perkataan Dirjen Dukcapil.

Ia mengatakan, sebagai apresiasi mendukung kegiatan tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri menurunkan tim teknis dan telkom untuk memudahkan jaringan.

Ia menambahkan, perekaman KTP El secara bersama di Solok Selatan merupakan yang pertama dilakukan di Sumatera Barat, dan selanjutkan juga akan dilakukan bergiliran ke kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Ia mengatakan, Disdukcapil ditargetkan untuk melakukan 100 persen perekaman KTP penduduk Indonesia pada 31 Desember 2018.

"Meski hal itu mustahil untuk dilakukan, karena berbagai macam kendala, namun kita berusaha untuk itu, setidaknya 97,5 persen tercapai, karena Dirjen memberikan tolerasi 2,5 persen," ungkapnya.

Selain itu, ungkapnya, pada 17 April 2019 secara fisik penduduk Indonesia sudah memiliki KTP agar bisa ikut serta dalam pesta domokrasi pemilihan presiden, wakil presiden dan legislatif.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Solsel, Efi Yandri menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari kedepan, dimulai 8 November hingga 11 November mendatang.

"Kegiatan ini akan dilakukan di 20 titik, yang terdiri dari 4 nagari di Kecamatan Pauh Duo, 11 Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, 4 Nagari di Kecamatan KPGD, dan 1 titik di RTH Muara Labuh," ungkapnya.

Khusus untuk di RTH Muara Labuh, lanjutnya, akan digunakan sebagai area umum, yang berarti semua masyarakat Solok Selatan bisa melakukan perekaman di situ.

"Kita menargetkan 12 ribu penduduk Solok Selatan bisa terekam dan memiliki KTP Elektronik," harapnya.

Ia mengatakan, pekan pendaftaran penduduk ini merupakan momen yang sangat tepat karena 17 April 2019 akan dilaksanakan pesta demokrasi. Dan salah satu elemen pentingnya adalah kepemilikan KTP El bagi para pemilih.

Turut hadir Sekdakab Solsel, Yulian Efi, Asisten Administrasi Umum Amdani, Para kepala OPD yang membidangi Kependudukan dan Catatan Sipil se-Sumbar, serta undangan lainnya. Selama kegiatan berlangsung, Keluarga besar Dukcapil se-Sumbar tersebut menginap di Berbagai home stay di kawasan Saribu Rumah Gadang. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya