Ini Pendapat Mahyeldi Soal Ekstra Kurikuler

AI Mangindo Kayo | Selasa, 20-11-2018 | 19:22 WIB | 66 klik | Kota Padang
<p>Ini Pendapat Mahyeldi Soal Ekstra Kurikuler<p>Wali Kota Padang, Mahyeldi memberikan arahan pada pembukaan perlombaan The 4th Promise Spenju Pra Olimpiade Sains ke-4 tingkat SD/MI dan SMP/MTS se Kota Padang di SMP Negeri 7 Padang, Selasa (20/11/2018). (humas)

VALORAnews - Ekstra kurikuler jadi bagian penting untuk menumbuhkan potensi, bakat dan minat siswa/i selama menempuh pendidikan. Untuk itu, sekolah-sekolah di Kota Padang harus terus berupaya mengaktifkan dan mengembangkan ekstrak kurikuler agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, H Mahyeldi saat membuka perlombaan The 4th Promise Spenju Pra Olimpiade Sains ke-4 tingkat SD/MI dan SMP/MTS se Kota Padang di SMP Negeri 7 Padang, Selasa (20/11/2018).

Mahyeldi mengatakan, perlombaan ini harus terus ditingkatkan. Ini bentuk dari berjalannya ekstra kurikuler di sekolah. Sehingga siswa/i tidak terfokus pada teori namun dapat mempratekkan ilmu yang didapat.


"Setiap sekolah di Kota Padang harus memiliki icon tersendiri untuk memajukan potensi siswa/i, seperti SMP Negeri 12 Padang dengan ikon bahasa Inggrisnya. Kedepan, sekolah lain harus meniru kegiatan-kegiatan seperti ini," imbau Mahyeldi.

Mahyedi menjelaskan, melalui Dinas Pendidikan, sekolah-sekolah harus terus menumbuhkan, mengembangkan dan mengkanalisasi serta melindungi potensi dan kemampuan yang tumbuh pada siswa/i. Tanggung jawab tersebut harus diwujudkan melalui tersedianya fasilitas sehingga sekolah tidak hanya menjadi tempat pendidikan namun juga tempat untuk mencari bakat dan minat bagi siswa/i.

"Guru-guru harus terus mensuport, memberikan edukasi serta terus mengawasi potensi siswa/i sampai mendapatkan talentanya. Dengan begitu maka makna peningkatan kualitas pendidikan di Kota Padang akan tercapai," jelasnya.

Mahyeldi berharap, perlombaan seperti ini tidak hanya diselenggarakan untuk tingkat kota Padang, namun diselenggarakan juga untuk tingkat Sumatera Barat. Sehingga, banyak kepala daerah dan masyarakat yang berkunjung ke Kota Padang.

"Kota Padang yang terkenal dengan objek wisatanya akan semakin dikenal oleh masyarakat yang ada di Sumatera Barat," tutur Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Popi Yuniwarti mengatakan, kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diadakan SMPN 7 Padang dalam rangka menyiapkan siswa untuk menghadapi Olimpiade Sains Nasional tahun 2019 dengan tema "Melalui Pra Olimpiade Sains Bidang Matematika, IPA dan Tingkat SD/MI se Kota Padang ke 4 Tahun 2018, kita Bentuk Saintist Muda yang Berkarakter serta Ikut Mencerdaskan Anak Bangsa."

Kegiatan ini dibagi jadi dua cabang, untuk tingkat SD cabang yang dilombakan adalah: Matematika sebanyak 198 orang, IPA sebanyak 237 orang. Untuk tingkat SMP cabang yang dilombakan adalah: Matematika sebanyak 360 orag. IPA sebanyak 431 orang dan IPS sebanyak 514 0rang.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, dimana hari ini dilaksanakan babak penyisihan untuk tingkat SMP, hari Rabu babak penyisihan untuk tingkat SD dan hari kamis babak final untuk tingkat SD dan SMP," tutup Popi. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya