Siswa SMKN 1 Koto Baru Digembleng Ala Pendidikan Taruna, Ini Harapan Gubernur Sumbar

AI Mangindo Kayo | Minggu, 25-11-2018 | 19:27 WIB | 92 klik | Kab. Dharmasraya
<p>Siswa SMKN 1 Koto Baru Digembleng Ala Pendidikan Taruna, Ini Harapan Gubernur Sumbar<p>Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyirami air kembang pada siswa SMKN 1 Koto Baru, Dharmasraya yang selesai menjalani pendidikan taruna di sekolah tersebut, Jumat (23/11/2018). (humas)

VALORAnews - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menegaskan, pentingnya penegakan disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Apakah itu jajaran pemerintahan, swasta, TNI/Polri, pengusaha atau petani bisa sukses, karena faktor disiplin ini. Termasuk dalam bidang pendidikan.

"Siswa yang berprestasi, pasti mereka mempunyai kelebihan dari pada siswa yang lain. Salah satunya disiplin tersebut. Sekarang, siswa tinggal pilih ingin berprestasi atau gagal," ungkap Irwan saat melantik 365 siswa SMKN 1 Koto Baru, Dharmasraya sebagai taruna, Jumat (23/11/2018).

Irwan meyakini, jika para siswa sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan memberikan kemudahan. "Selain disiplin, kunci kesuksesan lainnya adalah beretika. Contohnya saja, menghargai orangtua, guru dan berperilaku sopan-santun. Semua hal itu, harus ada dalam diri seorang siswa taruna," terangnya.


Menurut Irwan, pendidikan taruna yang telah dijalani siswa SMKN 1 Koto Baru sejak Juni 2018 lalu, harus mewarnai aktivitas keseharian. "Saya berharap, SMKN 1 Koto Baru dapat jadi percontohan bagi sekolah di Sumbar. Menjadikan pendidikan taruna untuk menciptakan siswa yang berkarakter," harap Irwan.

"Jumlah SMA/SMK di Sumbar ini ada ratusan unit. Saya lihat, yang menggunakan pendekatan dengan disiplin seperti taruna, baru SMKN 1 Koto Baru ini. Mudah-mudahan, upaya sekolah mendidik dengan karakter taruna bisa jadi contoh, sehingga ditiru sekolah lain," tambah Irwan.

Selain itu, Irwan menantang seluruh siwa SMKN 1 Koto Baru, memberikan bukti nyata atas pelatihan taruna yang telah diberikan. "Saya meminta, agar guru dan kepala sekolah, terus mengawal dan mengawasi. Guru harus jadi contoh teladan yang baik bagi siswa," harap Irwan.

"Bukti berhasilnya nanti, bisa langsung bekerja di berbagai bidang, setelah lulus SMK. Jadilah siswa berprestasi membuat bangga para orangtua. SMK Bisa," tegas Irwan. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Dharmasraya lainnya