Gencarkan Sosialiasi Pemilahan Sampah

AI Mangindo Kayo | Kamis, 02-04-2015 | 14:04 WIB | 1222 klik | Kota Padang
<p>Gencarkan Sosialiasi Pemilahan Sampah<p>Tumpukan sampah meluber hingga ke luar tempat pembuangan sampah sementara di pangkal jembatan Berok, Siteba. Pemetaan lokasi penempatan kontainer sampah, diduga jadi salah satu faktor sampah dibuang warga di luar tempat yang telah disediakan. (AI Mangindo Kayo/Valoranews)

VALORAnews - Praktisi pengelolaan sampah, Muhammad Suparyono mengatakan, sampah rumah tangga dapat dipilah menjadi tiga jenis, yaitu sampah organik, non organik dan residu.

"Sampah organik merupakan sampah yang bisa diurai dalam waktu relatif cepat seperti sampah dapur, sayur dan tulang. Dan sampah non organik seperti plastik, kaca, kertas. Sedangkan residu adalah sampah yang memang tak bisa diapa-apakan lagi seperti puntung rokok, keramik dan popok," ungkap Suparyono yang juga Ketua Asosiasi Bank Sampah se-Kota Depok ini, Kamis (2/4/2015).

Pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Depok ini dihadirkan Pemko Padang, memberikan materi tentang pemilahan sampah dalam pertemuan yang menghadirkan camat dan lurah se-Kota Padang, bertempat di balaikota Aia Pacah. Dia mendorong aparatur kecamatan dan kelurahan, lebih maksimal melakukan sosialisasi ke masyarakat.


"Jika pemilahan dilakukan mulai dari rumah tangga, minimal untuk tiga jenis sampah ini saja, maka akan mengurangi tumpukan sampah di TPA. Sebab, sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk setelah diolah dengan proses komposter. Begitu juga sampah plastik, kaca dan logam bisa dijual di bank sampah," ungkapnya sebagaimana rilis yang diposting melalui fanpage humas pemko padang.

Di samping menumbuhkan budaya pemilahan sampah, menurut Suparyono, pembuatan bank sampah guna menampung sampah terpilah tersebut juga perlu dikembangkan.

"Dengan demikian, permasalahan sampah akan dapat teratasi sekaligus warga mempunyai pemasukan dari menjual sampah terpilah di bank sampah," pungkasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya