Mahyeldi Dukung Program Penghafal Quran Baznas

AI Mangindo Kayo | Minggu, 23-12-2018 | 19:03 WIB | 239 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Dukung Program Penghafal Quran Baznas<p>Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyalami santri yang diwisuda pada kegiatan Wisuda Tahfiz II bagi sebanyak 286 orang di berbagai tingkatan hafalan di Asrama Haji Tabing, Ahad (23/12/2018). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang menyambut baik program Padang Religius, sebagai salah satu bagian program Baznas dalam mendukung terwujudnya Padang sebagai kota religi. Program ini dimulai sejak 2016 silam melalui binaan rumah tahfiz.

"Upaya ini sangat tepat bagi kita di Kota Padang, sebagai sarana untuk menciptakan dan mendukung Padang yang semakin religius. Yaitu dengan terus lahirnya para penghafal-penghafal al Quran yang dimulai dari kalangan generasi muda," sebut Wali Kota Padang, H Mahyeldi sewaktu memberikan arahan dalam kegiatan Wisuda Tahfiz II bagi sebanyak 286 orang di berbagai tingkatan hafalan di Asrama Haji Tabing, Ahad (23/12/2018).

Menurut Mahyeldi, dengan semakin banyaknya generasi qurani tentu akan memberikan cahaya yang dinilai dari lingkungan keluarga dan dimana mereka berada.


"Karena memang in syaa allah, para penghafal al Quran tidak akan saja mampu menghafal, namun juga akan taat beribadah serta terjaga akhlaknya," imbuh Mahyeldi yang juga seorang da'i itu sembari mengapresiasi.

Mahyeldi menyarankan kepada guru-guru pendamping di rumah tahfiz, juga dapat memperhatikan betul makahrijul huruf al Quran. Hal itu agar tidak menyalahi arti dan makna ayat yang dihafal dan dibaca.

"Alhamdulillah, saat ini sudah terdapat sebanyak 30 rumah tahfiz di Kota Padang, dimana sudah tersebar di setiap kecamatan. Kita tentu berharap, semoga semua anak sekolah beragama muslim yang ada di Kota Padang akan hafal al Quran minimal setidaknya satu juz," terangnya.

"Sehingga, setiap anak-anak sekolah yang tamat SD sudah hafal al Quran 3 juz, tamat SMP hafal 4 juz dan lulus SMA mampu hafal 5 juz. Sehingga, di Kota Padang ini tak ada anak-anak muslim yang tidak hafal al Quran," harapnya.

Maka itu, Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Padang serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung terwujudnya Padang sebagai kota penghafal quran sejauh ini.

"Mari kita saling bersinergi dengan melakukan berbagai pogram dan upaya untuk pengembangan para penghafal al Quran di kota yang kita cintai ini," terangnya.

"Alhamdulillah di 2019 tepat 5 Januari nanti, in syaa allah akan berangkat umrah dengan saya sebanyak dua orang satu laki-laki dan satu perempuan. Yakni mereka yang kemarin mewakili Padang pada lomba tahfiz 30 juz di tingkat Sumatera Barat," tukas Mahyeldi. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya