Koperasi Berbasis Syariah Hadir di Mentawai

AI Mangindo Kayo | Jumat, 03-04-2015 | 10:40 WIB | 1367 klik | Kab. Mentawai
<p>Koperasi Berbasis Syariah Hadir di Mentawai<p>Suasana peresmian Koperasi Serba Usaha (KSU) Amanah oleh Dinas Perindagkop UMKM Kabupaten Mentawai. (istimewa)

VALORAnews - Program Social Trust Fund (STF) Mentawai dan Koperasi Serba Usaha (KSU) Amanah, Sikakap, Kepulauan Mentawai, diresmikan Kamis (26/3). Pelepasan Program STF Mentawai dan Peresmian KSU Amanah ini dihadiri Dompet Dhuafa Singgalang Program Pemberdayaan, M Syukur Tarigan bersama staf Dompet Dhuafa Pusat Divisi Ekonomi, Dodi Subardi.

Tarigan dan Dodi melesat dari Bungus menuju Mentawai menggunakan kapal khusus untuk menembus daerah tersebut. Biasanya perjalanan menuju Mentawai ini memakan waktu berjam-jam. Dengan kapal tersebut, kali ini tim dapat menghemat waktu yang hanya memakan waktu seperempat jam perjalanan saja.

Sampai di Sikakap, mereka disambut keramahan masyarakat kabupaten kepulauan itu. Acara dilaksanakan di aula Dinas Perikanan Provinsi Sumatera Barat di Desa Sikakap, Kepulauan Mentawai. Dalam acara tersebut dihadiri 63 orang yang terdiri dari anggota dan calon peserta yang antusias bergabung di Koperasi STF Amanah. Tak hanya dari Sikakap, peserta dari desa Tubeket dan Pasapuat pun turut meramaikan aula.


Keinginan masyarakat untuk memiliki Koperasi Simpan Pinjam berbasis Syari'ah kini terwujud. Koperasi ini diresmikan Saradi SE dan Masri dari Dinas Perindagkop UMKM Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Koperasi STF Amanah Mentawai merupakan satu satunya koperasi syari'ah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga kami sangat mendukung segala upaya dalam penembangan koperasi ini," tutur Saradi dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan badan hukum koperasi kepada pengurus. Perancangan program ini sudah berlangsung sejak 2013. Pengukuhannya melewati banyak rintangan. Seperti dalam penetapan keabsahan secara hukum. Sempat simpang siur antara penggunaan UU koperasi lama atau UU koperasi terbaru.

Namun pada hakikatnya, keberadaan koperasi ini merupakan wujud dari komitmen Dompet Dhuafa Singgalang untuk memajukan perekonomi masyarakat Mentawai. Acara ini juga diisi dengan penyuluhan dan pelatihan manajemen koperasi bagi anggota koperasi STF Amanah.

Dalam penyajian materi penyuluhan, Tarigan dan Dodi menyatakan harapannya terhadap masyarakat setempat agar dapat mengembangkan program kerja koperasi STF Amanah ini agar dapat berfungsi semaksimal mungkin.

"Dengan terbentuknya kelembagaan koperasi STF Amanah ini, kami sangat berharap program dapat berjalan dengan lancar serta berkembang pesat, sehingga masyarakat setempat bisa mencicipi keuntungan yang dihasilkan dari koperasi ini," tutur Dodi.

Senada dengan Dodi, Tarigan juga menyatakan bangga akan perjuangan yang telah dilewati Dompet Dhuafa Singgalang dalam pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi untuk warga Mentawai ini. Mengingat Mentawai merupakan daerah yang cukup sulit untuk di akses.

"Antusias warga sangat baik dalam menanggapi keberadaan Koperasi ini. Didukung dengan kepedulian kita terhadap daerah-daerah terpencil seperti Mentawai, kami bertekad bisa menyamaratakan perekonomian daerah-daerah di seluruh pelosok Sumatera Barat kedepannya," pungkas Tarigan. (relis)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kab. Mentawai lainnya