Sosialisasi IVA Tes Libatkan Kemenag Padang

AI Mangindo Kayo | Senin, 07-01-2019 | 19:28 WIB | 223 klik | Kota Padang
<p>Sosialisasi IVA Tes Libatkan Kemenag Padang<p>Camat Padang Barat, Ery Sendjaya memberikan sambutan pada sosialisasi IVA Test di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang di Jalan Duku No 5, Ujung Gurun, Senin (7/1/2019). (humas)

VALORAnews - Kecamatan Padang Barat bersama Puskesmas Padang Pasir, menyambangi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang di Jalan Duku No 5, Ujung Gurun, Senin (7/1/2019). Kedatangan tersebut untuk sosialisasi pencegahan kanker sejak dini dan IVA Tes di lingkungan Kemenag Kota Padang.

"Di samping pelaksanaan IVA Tes di lingkungan Kemenag Padang, kita juga ingin melibatkan seluruh jajaran Kemenag Kota Padang turut andil menyuarakan pencegahan dini kanker serta pentingnya IVA Tes ke masyarakat," ungkap Camat Padang Barat, Eri Sendjaya dikesempatan itu.

Dijelaskan, peran stratesi KUA Kecamatan se-Kota Padang dan Ulama dalam menyakinkan jamaah (masyarakat) untuk melakukan pemeriksaan IVA sangat diperlukan. Karena, cara ini dianggap cukup efektif untuk mencegah berjangkitnya penyakit kanker di masyarakat, terutama di kaum ibu.


"Kita memberikan apresiasi atas kerjasama Kemenag Kota Padang yang dengan cepat merespon imbauan Wali Kota Padang terkait pemeriksaan IVA di masyarakat," ujar Eri.

Sementara itu, Kepala Kemenag Padang, Marjanis mengatakan, sosialisasi pencegahan kanker sejak dini dan IVA Tes merupakan awal keterlibatan Kemenag Kota Padang dalam menyukseskan dan mendukung program Pemerintah Kota Padang.

"Kami harus memberikan contoh terlebih dulu sebelum mengedukasi masyarakat. Untuk itu, karyawati dan anggota Dharma Wanita Kemenag Padang, akan melakukan pemeriksaan IVA pada 11 Januari 2019 mendatang," ujar Marjanis.

Dikesempatan yang sama, narasumber sosialisai pencegahan dini kanker dan IVA Tes dari Puskesmas Padang Pasir, Erlina mengatakan, pemeriksaan IVA (IVA Tes) dilakukan dengan cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Untuk itu, diharapkan kepada kaum ibu meluangkan waktu untuk datang ke Puskesmas Pasir melakukan pemeriksaan.

"Begitu juga dengan kaum bapak, agar membujuk dan memotivasi kaum Ibu untuk melakukan IVA Tes. Karena kalau sudah terjangkit, akan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatan," imbuh Erlina yang telah memiliki kualifikasi nasional dalam sosialisasi dan edukasi pencegahan kanker sejak dini.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Padang Barat, Damsiar. Kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dini kanker, terangnya, tidak saja diarahkan kepada masyarakat, tetapi juga kepada seluruh karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Ia berharap, partisipasi aktif yang telah diberikan oleh seluruh Kader, Puskesmas Padang Pasir, Camat, Lurah, Ketua LPM, RW dan RT akan menambah semangat dan motivasi Kecamatan Padang Barat yang mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam penilaian IVA Test Tingkat Nasional. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya