KONI Padang Selisik Inovasi KONI Kota Batu

AI Mangindo Kayo | Selasa, 29-01-2019 | 19:08 WIB | 229 klik | Kota Padang
<p>KONI Padang Selisik Inovasi KONI Kota Batu<p>Ketua KONI Padang, Agus Suardi bertukar cenderamata dengan Mahfud (ketua KONI Kota Batu), saat kunjungan disela-sela mengikuti kegiatan Piala Soeratin tingkat nasional 2019, Selasa (29/1/2019). (humas)

VALORAnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Padang, Sumatera Barat dan KONI Kota Batu, Jawa Timur, sama-sama memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah masing-masing.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum KONI dari kedua daerah tersebut saat kunjungan KONI Kota Padang di Sekretariat KONI Kota Batu, Selasa (29/1/2019).

Ketua KONI Padang, Agus Suardi mengatakan, meningkatkan prestasi olahraga memang sudah menjadi komitmen KONI sebagai wadah induk dari organisasi seluruh cabang olahraga.


"Sejauh mana upaya yang dilakukan akan sebanding dengan hasil prestasi yang diraih. Kuncinya adalah keseriusan," ungkapnya.

Agus Suardi yang karib disapa Abien mengatakan, kunjungan ke KONI Kota Batu bertepatan dengan momen pelaksanaan Piala Soeratin 2019 yang putarannya berlangsung di kota berhawa sejuk tersebut. PSP Padang mewakili Sumatera Barat ke ajang kompetisi sepak bola usia muda itu.

Menurut Abien, kunjungan itu juga dimaksudkan untuk melakukan studi banding, karena ada inovasi dari KONI setempat yang bisa dijadikan rujukan dalam pengembangan olahraga di Kota Padang. Salah satu inovasi tersebut adalah terbentuknya koordinator olahraga kecamatan atau Korcam sebagai langkah mempermudah koordinasi dari setiap cabang olah raga terutama dalam pelaksanaan event.

"Adanya suatu inovasi yang bagus dari KONI Kota Batu mungkin bisa kita lakukan juga di Padang. Misalnya saja pembentukan Korcam. Tentunya ini kita pelajari dulu,' katanya.

Abien menyebut, kegiatan olahraga di Kota Padang saat ini cukup bergairah. Hal itu didorong oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi yang sangat mencintai olahraga.

"Olahraga di Padang cukup bergairah, karena walikota, Pak Mahyeldi mencintai olahraga," sebutnya.

Agus Suardi dan rombongan disambut Ketua Umum KONI Kota Batu, Mahfud didampingi pengurus lainnya. Hadir juga Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Kota Batu, Mawardi.

Mahfud mengaku gembira atas kunjungan rombongan KONI Kota Padang. Ia juga mengapresiasi rombongan KONI Padang yang mau mengambil pelajaran dari KONI Kota Batu yang relatif baru dan berada di daerah yang masih muda.

"Kami gembira rombongan KONI Padang telah datang kemari, meskipun kami ada di kota kecil dan relatif baru," ujar Mahfud.

Dikatakan, di Kota Batu baru ada 29 cabang olahraga yang efektif terbentuk dan mengikuti pertandingkan dalam ajang Porkota dan Porprov. Tapi ada cabor yang jadi primadona yang menghasilkan atlet-atlet mendunia, yaitu cabor Paralayang dan Sepeda nomor "down hill".

"Meskipun masih punya cabor 25, namun ada beberapa cabor yang sudah berprestasi nasional dan internasional," katanya.

Setelah berbagi pengalaman dan saling mengulik kiat pengembangan olahraga, pertemuan ditutup dengan bertukar cendramata dan diakhiri dengan makan siang bersama. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Sport lainnya
Berita Kota Padang lainnya