Batang Arau Dibersihkan

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 23-03-2019 | 19:49 WIB | 195 klik | Kota Padang
<p>Batang Arau Dibersihkan<p>Personel TNI bersama berbagai eleman pemerintahan dan masyarakat, membersihkan aliran Batang Arau dari sampah dan gulma, Sabtu (23/3/2019).

VALORAnews - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (HAS) dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Pemerintah Kota Padang, melaksanakan Gotong Royong (Goro) bersama membersihkan aliran Batang Arau Padang, Sabtu (23/03/2019).

Dikesempatan tersebut, Direktur Utama PT Semen Padang, Yospiandri menyerahkan satu Unit perahu pengambilan Sampah dan 40 Unit tong sampah untuk Kota Padang yang diterimah Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fikri.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyikapi jumlah sampah yang ditemukan di laut dan di pinggir pantai yang mengakibatkan terganggunya biota laut dan keindahan pantai.


"Melalui kegiatan seperti ini, Sungai Batang Arau menjadi bersih dan bisa digunakan untuk objek wisata air dan tempat kuliner," kata Irwan.

Irwan juga mengimbau seluruh warga yang berada disekitar Batang Arau, untuk tidak membuang sampah ke sungai. Karena, dengan membuang sampah ke sungai dapat menganggu habitat laut dan menganggu para nelayan dalam mencari ikan.

"Semoga acara ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat," tutup Irwan.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, Yosmeri mengatakan, acara yang melibatkan 2500 orang itu dibagi menjadi beberapa segmen. "Ada enam segmen yang kita bagi kedalam enam pos. Semua itu kita lakukan agar penyelesaian pembersihan sungai dapat selesai dengan cepat," terangnya.

Ia menambahkan, kegiata ini diikuti oleh TNI, Polri, OPD dilingkungan Pemerintah Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat, BUMN, BUMD, LSM Peduli Sungai dan Peduli Pariwisata.

"Dalam tiga bulan kedepan, setiap minggu kita akan melaksanakan kegiatan seperti ini," imbuhnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya