DP3AP2KB Gelar Bimbingan Teknis Kesehatan Reproduksi Remaja

AI Mangindo Kayo | Senin, 25-03-2019 | 20:17 WIB | 108 klik | Kota Padang
<p>DP3AP2KB Gelar Bimbingan Teknis Kesehatan Reproduksi Remaja<p>Kepala DP3AP2KB Padang, Heryanto Rustam foto bersama dengan peserta Bimtek KRR yang diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa, Senin (25/3/2019). (humas)

VALORAnews- Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) adalah suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya remaja berperilaku sehat, agar terhindar dari resiko yang merusak remaja itu sendiri.

Program KRR dikembangkan dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, di antaranya masalah perilaku seksual, narkoba dan AIDS.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Heryanto Rustam beserta jajarannya, terus berupaya mencegah terjadinya penyakit masyarakat dan kenakalan remaja, salah satunya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) KRR yang diikuti oleh 70 peserta yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa, Senin (25/3/2019).


Heriyanto mengatakan, remaja yang tidak sehat dan terlibat ketiga persoalan di atas akan sulit meraih cita-citanya, seperti melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan.

Heriyanto menambahkan, untuk pengembangan program Generasi Berencana (Genre) sudah dilakukan berbagai pendekatan melalui strategi pembentukan dan pengembangan Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja dan mahasiswa.

PIK remaja dan mahasiswa merupakan wadah untuk menjembatani remaja mengakses informasi terkait masalah kesehatan reproduksi remaja, serta menyiapkan kehidupan mereka di kemudian hari.

"Hingga saat ini, PIK remaja berkembang di seluruh Indonesia. Khusus di Kota Padang telah terbentuk 74 kelompok PIK remaja terdiri dari tahapan 42 tumbuh, 13 tegak dan 19 tegar yang dikembangkan melalui basis sekolah dan perguruan tinggi," jelasnya.

"Dengan dilaksanakannya Bimtek ini, diharapkan peserta dapat membantu pembentukan dan pengembangan PIK remaja di sekolah. Materi yang disampaikan narasumber merupakan jembatan emas untuk masa yang akan datang," tutur Heriyanto. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya