Andrinof Chaniago Minta Pemkab Pessel Lanjutkan Pembangunan Mandeh

AI Mangindo Kayo | Minggu, 07-04-2019 | 18:31 WIB | 256 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Andrinof Chaniago Minta Pemkab Pessel Lanjutkan Pembangunan Mandeh<p>Komisaris Utama BRI (kedua dari kiri) didampingi Bupati Pessel Hendra Joni, melakukan pengguntingan pita peresmian Gapura Selamat Datang Di Desa Wisata Mandeh, Ahad (7/4/2019). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), Andrinof Chaniago meminta pemerintah Sumatera Barat khususnya pemerintah kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel), untuk melanjutkan pengembangan kawasan wisata Mandeh.

Menurutnya, kawasan wisata Mandeh dapat menjadi andalan Pemkab Pessel dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat meresmikan Gapura Selamat Datang di Desa Wisata Nagari Mandeh, Ahad (7/4/2019), Andrinof terkenag ketika awal pembangunan Kawasan Mandeh.


Dia menceritakan, sekitar 2014 kawasan wisata Mandeh nyaris tidak dikenal orang.

"Ketika kita cari kata Mandeh di mesin pencari google, maka yang keluar hanya Mande Rubiah atau lagu minang yang berjudul Mandeh. Untuk mencapai Mandeh pun, akses jalan hanya dapat ditempuh melalui laut," kenang pria yang akrab disapa AC ini.

Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan/Ketua Bappenas ini mengatakan, saat ini kawasan mandeh sudah dapat di tempuh dengan jalan darat sejak selesainya pengaspalan jalan pada Desember 2018.

Hal ini diharapkan dapat lebih mengembangkan kawasan wisata Mandeh. Karena, menghemat waktu tempuh wisatawan.

"Saat ini, Kawasan Mandeh merupakan salah satu tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara," ungkapnya.

Guna lebih meningkatkan hal tersebut, BRI memberikan bantuan senilai Rp300 juta. Bantuan tersebut berbentuk Gapura Selamat Datang, Balai Pertemuan, Bedah Warung, Pelatihan UMKM.

Selain itu, bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), Kawasan Mandeh dijadikan pusat kajian pariwisata, heritage dan olahraga.

"Masyarakat dibina sapta pesona, bagaimana menjadi tuan rumah yang baik serta membuat wisatawan menjadi nyaman berada di Kawasan Mandeh sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka," urainya.

Bupati Pesselm Hendra Joni menyampaikan ucapan terima kasih kepada AC.

"Pada 2014, Pak AC-lah yang membawa Presiden Jokowi ke sini. Setelah itu, pembangunan Mandeh dimulai. Hasilnya dapat dinikmati seluruh masyarakat kini," terangnya.

"Akses jalan menjadi sangat bagus serta Kawasan Mandeh menjadi daerah tujuan wisata favorit yang tentunya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Adrinof Chaniago juga mengucapkan pamit kepada seluruh masyarakat Mandeh.

"Ini adalah penutup kegiatan saya di Mandeh. Setelah mengawal pembangunan di sini sejak 2014, sekarang saatnya saya harus fokus ke posisi saya sebagai Komisaris Utama BRI," ungkapnya.

"Istilahnya, saya harus bayar hutang ke BRI. Jadi, saya harapkan Pemkab Pessel untuk terus mengembangkan Kawasan Mandeh, agar jadi tujuan utama wisatawan baik lokal maupun internasional," harapnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Pesisir Selatan lainnya