KPU Bukittinggi Pastikan One Man, One Vote dan One Value

AI Mangindo Kayo | Selasa, 08-05-2019 | 18:24 WIB | 162 klik | Kota Bukittinggi
<p>KPU Bukittinggi Pastikan One Man, One Vote dan One Value<p>Ketua KPU Bukittinggi, Benny Azis (tengah) memimpin rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilangsungkan di salah satu hotel di kota wisata itu, awal Mei 2019 ini. (istimewa)

VALORAnews - Partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Bukittinggi, sekitar 75 persen. Sedikit di bawah target partisipasi nasional yang ditetapkan KPU RI, sebesar 77,5 persen.

"Secara umum, proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Bukittingi berjalan lancar. Tak ada hambatan berarti," ungkap Ketua KPU Bukittinggi, Benny Azis, melalui sambungan telepon, Senin (6/5/2019).

Menurut Benny, KPU Bukittinggi berupaya keras memastikan one man, one vote dan one value (satu pemilih, satu suara dan satu nilai suara-red) terwujud di salah satu kota destinasi wisata andalan di Sumbar tersebut.


"Satu pemilih, satu suara dan satu nilai suara ini, kita kawal benar mulai dari proses penghitungan suara hingga proses rekapitulasi. Kita berkomitmen untuk menghargai pemilih yang telah menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi ini," tegas Benny.

"Satu suara itu sangat bernilai dalam demokrasi kita," tambahnya.

Pada pemilu 2019 ini, Kota Bukittinggi terdiri dari tiga daerah pemilihan yakni Dapil Bukittinggi I yang meliputi Kecamatan Mandiangin (11 kursi), Dapil Bukittinggi II yang berlokasikan kecamatan ABTB (5 kursi) dan Dapil Bukittinggi III yang berada di kecamatan Guguak Panjang (9 kursi).

Total ada 25 orang calong anggota DPRD Bukittinggi yang dipilih masyarakat. Untuk calon anggota DPRD provinsi Sumbar, Kota Bukittinggi bersama Kabupaten Agam berada dalam satu daerah pemilihan yakni Dapil Sumbar III. Sedangkan untuk DPR RI, bagian dari 8 kabupaten/kota di Dapil II Sumbar. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Bukittinggi lainnya