Partai Gerindra Kuasai 9 dari 45 Kursi DPRD Agam, Disusul PKS, Demokrat dan PAN

AI Mangindo Kayo | Rabu, 15-05-2019 | 15:44 WIB | 1006 klik | Kab. Agam
<p>Partai Gerindra Kuasai 9 dari 45 Kursi DPRD Agam, Disusul PKS, Demokrat dan PAN<p>Ketua KPU Agam, Riko Antoni bersama empat orang komisioner lainnya, membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Agam di tingkat provinsi yang digelar KPU Sumbar di Pangeran Beach Hotel, 10 Mei 2019 lalu. (istimewa)

VALORAnews -- Partai Gerindra berhasil jadi pemenang pemilu 2019 tingkat Kabupaten Agam, Sumbar dengan raihan 9 kursi. Sementara, PKS dan Partai Demokrat berbagi sama banyak, 7 kursi. Kemudian, disusul PAN dengan 6 kursi.

Dengan jumlah anggota dewan sebanyak 45 orang, maka Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan PAN, kadernya otomatis akan duduk jadi unsur pimpinan dewan masa jabatan 2019-2024.

Perkiraan perolehan suara dan kursi yang dihitung http://valora.co.id ini, sumber datanya merujuk hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara 16 partai politik peserta Pemilu 2019 yang dituntaskan KPU Agam, pekan lalu.


Selanjutnya, Partai Golkar dan PPP sama-sama berhasil mengoleksi 5 kursi. Lalu, Partai Nasdem dan PBB, juga sama-sama dapat 2 kursi serta satu kursi masing-masing didapat Partai Berkarya dan Partai Hanura.

Sembilan kursi dari Partai Gerindra itu berasal dari Dapil 1, 2 dan 6, masing-masingnya 1 kursi. Sedangkan Dapil Agam 3, 4 dan 5, berkontribusi menyumbangkan 2 kursi.

Sebanyak tujuh kursi yang didapat PKS dan Partai Demokrat, Dapil Agam 5 sama-sama menyumbang 2 kursi. Lima kursi sisanya, masing-masing berasal dari Dapil Agam 1, 2, 3, 4 dan 6.

PAN dengan koleksi 6 kursi, 1 kursinya berasal dari masing-masing Dapil yang ada di Luhak Agam ini. Sedangkan 5 kursi yang didapat Partai Golkar berasal Dapil Agam 1, 2, 3, 4 dan 5. Sebanyak 5 kursi yang dimiliki PPP, berasal dari Dapil Agam 1, 2, 4, 5 dan 6.

PBB dengan koleksi 2 kursi disumbang dari Dapil Agam 1 dan 4. Sedangkan dua kursi Partai Nasdem berasal dari Dapil Agam 3 dan 4.

Partai Berkarya dan Partai Hanura, merupakan partai yang sama-sama berhasil meraih satu kursi serta sama-sama berasal dari Dapil Agam 1 pula.

Untuk memastikan perkiraan perolehan kursi ini, semua pihak diharapkan menunggu keputusan KPU Agam dengan agenda penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, dengan jadwal dalam rentang waktu paling lambat 22 Mei 2019.

Pada pemilu 2019 ini, Kabupaten Agam terdiri dari enam Dapil yakni Dapil Agam I (Tanjung Mutiara, Lubukbasung; 9 kursi), Dapil Agam 2 (Palembayan, IV Nagari; 6 kursi), Dapil Agam 3 (Tilatang Kamang, Palupuah, Kamang Magek; 7 kursi), Dapil Agam 4 (IV Angkek, Baso, Candung; 9 kursi), Dapil Agam 5 (IV Koto, Banuhampu, Sungai Pua, Malalak; 9 kursi) dan Dapil Agam 6 (Tanjung Raya, Matur; 5 kursi).

Sekretaris KPU Agam, Adli Mulyadi mengatakan, rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Agam telah diterima dan disahkan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Sumatera Barat pada 10 Mei 2019.

"Terima kasih untuk semua pihak, terutama kepada Bupati Agam beserta Forkompinda, Sekdakab Agam dan pihak terkait di Kabupaten Agam, Kapolres Agam beserta jajaran, Dandim 0304/Agam beserta staf, Ketua dan Anggota Bawaslu Agam," terangnya.

Adli Mulyadi juga mengucapkan terimakasih pada Bapak/Ibu camat di Agam serta terkhusus untuk personel PPK, PPS, KPPS, Petugas Ketertiban, Relawan Demokrasi dan semua pihak yang telah membantu sehingga pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Agam berjalan dengan lancar dan sukses. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Agam lainnya