Safari Ramadhan Pemko Padang

Mahyeldi Ingatkan Tiga Hal Penting Bagi Generasi Muda

AI Mangindo Kayo | Rabu, 15-05-2019 | 17:00 WIB | 160 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Ingatkan Tiga Hal Penting Bagi Generasi Muda<p>Wako Padang, Mahyeldi memberikan ceramah Ramadhan dalam kunjungan safari khusus di Masjid Jami Al Amin, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Selasa (14/5/2019). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang melakukan berbagai upaya pembinaan generasi muda sebagai pelanjut kepemimpin bangsa dimasa akan datang. Dimulai dari Pesantren Ramadhan 2004, Gerakan Menghafal Quran se Kota Padang 2015, Program 18.21 2007 dan Youth Center 2019.

"Semua program yang sudah kita canangkan tersebut adalah bentuk komitmen Pemko Padang dalam mencerdaskan generasi muda Kota Padang," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi saat memberikan ceramah Ramadhan dalam kunjungan safari khusus di Masjid Jami Al Amin, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Selasa (14/5/2019).

Mahyeldi menjelaskan, menciptakan generasi yang cerdas, berwawasan dan berlimu pengetahuan, terdapat tiga hal yang perlu ditanamkan kepada mereka yaitu, keimanan, ilmu pengetahuan dan semangat persatuan dan kesatuan.


"Ketiga poin diatas menjadi kunci menciptakan generasi muda yang cerdas itu, seperti dijelaskan dalam Qs. Al-Kahf ayat ke 13, 'Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguh mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada tuhan mereka dan kami tambahkan petunjuk kepada mereka," ujar Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, salah satu ciri generasi muda yang cerdas adalah generasi yang proaktif mengajak kepada kebaikan, mencegah perbuatan mungkar dan selalu mendekat diri kepada Allah SWT. Diterima ditengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi pemimpin didalam masyarakat itu.

"Pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa depan, oleh sebab itu takutlah kamu meninggalkan generasi yang lemah," tegasnya.

Dijelaskan, 2030 Indonesia memasuki bonus demografis yang mana perlu menyiapkan generasi muda produktif dan berdaya saing. Disamping itu, sejak 2011, Indonesia juga telah memasuki era Industri 4.0. yang mana pekerjaan manusia mulai digantikan tekonlogi.

"Indonesia adalah negara besar, memiliki kekayaan alam berlimpah oleh sebab itu perlu dijaga dan dipelihara. Jika generasi bangsa ini lemah maka kekayaan alam itu akan diambil orang lain," ujar Mahyeldi.

Dengan terciptanya generasi muda yang cerdas maka mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak perlu mencari pekerjaan ketempat orang lain.

"Seperti baru-baru ini kami ditemui milleneal kreatif Kota Padang yang punya bakat dan kreativitas berbeda-beda. Kondisi seperti ini yang akan kita ciptakan untuk lima tahun mendatang," tutur Mahyeldi.

Usai memberikan ceramah Ramadhan, Mahyeldi memberikan dana hibah sebesar Rp15 juta diterima langsung oleh pengurus masjid.

Hadir dalam kesempatan itu, Kabag Kesra Kota Padang Jamilus, Camat Koto Tangah Syahrul dan Lurah Lubuk Buaya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya