DPP IKA Unand Gelar Buka Bersama

Asman Abnur Minta Kalangan Intelektual dan Profesional jadi Penyeimbang Bandul Politik

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 25-05-2019 | 16:09 WIB | 183 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Asman Abnur Minta Kalangan Intelektual dan Profesional jadi Penyeimbang Bandul Politik<p>Ketum DPP IKA Unand, Asman Abnur berfoto bersama dengan alumni dan anak yatim sehabis buka puasa bersama di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (24/5/2019) malam. (istimewa)

VALORAnews - Kaum intelektual dan kalangan profesional mempunyai posisi yang strategis dalam permasalahan bangsa hari ini. Mereka bisa jadi kekuatan penyeimbang dari bandul politik yang sedang mencari keseimbangan baru, setelah dilaksanakannya Pemilu.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Andalas (DPP IKA Unand), Asman Abnur saat memberikan sambutan dalam acara buka puasa alumni Unand bersama anak yatim di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (24/5/2019) malam.

Menurut mantan Menteri PAN-RB itu, terjadinya polarisasi ideologi politik di tengah-tengah masyarakat, dituntut peran aktif kaum intelektual dan profesional untuk jadi penengah serta mengingatkan atau meluruskan siapa saja yang melenceng dari komitmen berbangsa dan bernegara yang telah disepakati bersama.


Sebagai insan perguruan tinggi dan tempat berkumpulnya para intelektual, Unand dan alumninya harus memainkan peran sebagai penyeimbang terhadap konstelasi politik tadi. "Sesuai mottonya, Unand harus berkontribusi untuk kejayaan bangsa (ini)," ujarnya.

Diingatkan juga oleh Asman Abnur, walaupun pada saat Pilpres dan Pileg kemaren terjadi perbedaan dalam pilihan politik, setelah itu berlalu saatnya sekarang alumni Unand kembali bersatu. Rekat kembali ukhuwah, yang selama ini mungkin terjadi jarak akibat perbedaan tadi.

"Mari kita pupuk semangat kebersamaan sebagai modal utama untuk mengembangkan Unand. Saat ini Unand sudah masuk 10 besar universitas terbaik nasional. Kalau kita bersatu dan kebersamaan selalu terjaga, tentu hasilnya akan maksimal," sebut Asman Abnur yang berhasil terpilih menjadi Anggota DPR RI dari dapil Kepri.

Sementara, Ketua Panitia, Ilhamsyah Mirman menyampaikan, ada 200 anak yatim dari beberapa panti yang ikut berbuka puasa dan setelah acara diberikan santunan. "Kami ucapkan terima kasih kepada para alumni yang sudah memberikan santunan, khususnya kepada Ketua Umum, Asman Abnur," ujarnya.

Tampak hadir dalam acara buka puasa DPP IKA Unand, Rektor Unand, Prof Tafdil Husni, Rektor Unidha Prof Dedi Prima Putra, Walikota Padang, Mahyeldi yang juga Ketum DPP IKA Fakultas Pertanian Unand.

Juga hadir sesepuh serta senior alumni seperti mantan Rektor Unand, Prof Fachri Ahmad, Prof Syahrial Syarif, Prof Elfi Sahlan Ben, Prof Satni Eka Putra, Zairin Kasim, Suryadi Asmi, Bosri dan Elfi Dt Tumangguang Sati.

Kemudian pengurus DPP IKA Unand, di antaranya Wakil Ketua Umum, Prof Masrul, Shadiq Pasadique, Sekjend Prof Reni Mayerni, Ketua DPD IKA Unand Sumut, Yurizal, Ketum IKA FIB, Imelda Sari, Ketum DPP IKA FISIP, Khairul Ikhwan, Ketum DPP IKA Faterna, Asnel, Ketum DPP IKA FKM Helmizar serta beberapa dekan di lingkungan Unand dan banyak lainnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya