Tim Provinsi Nilai Pengagas Rumah Idaman untuk ODGJ di Suliki

AI Mangindo Kayo | Jumat, 04-07-2019 | 08:11 WIB | 48 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Tim Provinsi Nilai Pengagas Rumah Idaman untuk ODGJ di Suliki<p>Tim penilai tingkat provinsi Farina Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019, mengunjungi Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) yang diinisiasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Suliki, Novia, Rabu (3/7/2019). (humas)

VALORAnews - Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Suliki, Novia Farina (47) dinilai tim penilai dalam seleksi dan kunjungan lapangan Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019 di Suliki, Rabu (3/7/2019). Bila lolos menjadi yang terbaik tingkat Sumbar, Novia dipastikan mendapatkan kesempatan mengikuti upacara 17 Agustus 2019 di istana presiden di Jakarta.

Terpilihnya Novia Farina dalam lima besar di Sumatera Barat, karena yang bersangkutan diketahui memiliki inovasi dalam mensejahterakan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah kerjanya, terutama bagi orang dengan gangguan jiwa. Para penyandang gangguan jiwa ini dibina dan didampingi sehingga bisa diterima di tengah masyarakat.

Dari inovasi tersebut, Novia Farina, kemudian lahirlah rumah idaman Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) di Suliki, yang hingga kini menjadi satu-satunya di Sumatera Barat. Di UILS tersebut para Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di daerah ini mendapatkan pembinaan tentang berbagai hal seperti bidang keagamaan, keterampilan, pertanian, peternakan, boga dan lainnya setiap harinya.


"Saat ini kami mendampingi orang dengan gangguan jiwa itu sebanyak 22 orang dan kunjungan ke rumah (home visit) sebanyak 10 orang. Secara keseluruhan, saat ini saya mendampingi 59 orang PMKS," ujar Novia Farina yang akrab disapa Eva kepada wartawan di sela acara penilaian.

Sebelumnya, Tim Penilai Tingkat Provinsi Sumbar, Gusnawati dalam arahannya menyebut, Novia Farina berhasil masuk lima besar di Sumbar, karena kiprahnya di bidang sosial. Tim turun ke Suliki buat mengecek langsung kebenaran ekspose yang disampaikan Novia sebelumnya.

Gusnawati menyebut, salah satu kegiatan Novia yang menonjol adalah penanganan dan pembinaan terhadap ODGJ.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Limapuluh Kota, Fitma Indrayani dalam sambutannya mengaku bangga dengan kinerja para TKSK di daerah itu, termasuk kiprah Novia Farina selaku TKSK Kecamatan Suliki.

"TKSK ini merupakan perpanjangan tangan kita pemerintah daerah dalam bidang sosial hingga ke pelosok nagari. Dengan keberadaan TKSK menjadikan permasalahan kesejahteraan sosial di daerah kita dapat direspon dengan baik dan lebih cepat," papar Fitma.

Selain itu, ujar Fitma, TKSK selama ini telah banyak berbuat dan membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah kemiskinan. "Kita sangat berterimakasih dengan apa yang sudah dilakukan TKSK yang selama ini bersentuhan langsung dengan penyandang masalah kesejahteraan sosial di tengah masyarakat," tutur Fitma.

Ikut hadir dalam acara itu ratusan warga dan para penyandang masalah kesejahteraan sosial serta para aparat pemerintah di Kecamatan Suliki. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Lima Puluh Kota lainnya