Kementrian PDT Garap Video Camintoran, Rifmayulis: Dokumentasi ini akan Disebarluaskan

AI Mangindo Kayo | Jumat, 12-07-2019 | 18:35 WIB | 122 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Kementrian PDT Garap Video Camintoran, Rifmayulis: Dokumentasi ini akan Disebarluaskan<p>Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman bersama pejabat dari Kemendes dan PDTT meninjau lokasi pembangunan objek wisata Camintoran yang merupakan bantuan dari Kemendes dan PDTT. (humas)

VALORAnews - Pejabat Fungsional pada Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes&PDTT), Rifmayulis mengatakan, dari 10 kabupaten yang berikan bantuan pada 2018 kemarin pada Subdit Pariwisata Kemendes, PDTT, Solok Selatan dengan Camintorannya, menjadi kabupaten dengan pengelolaan bantuan terbaik.

Rifmayulis yang akrab dipanggil dengan Ujang tersebut mengatakan, bantuan senilai Rp1,4 Miliar yang diberikan ke Camintoran berupa pembangunan 3 unit pondok wisata, 1 unit Gazebo, serta jalan wisata sepanjang 600 Meter, telah dikerjakan dengan sangat baik, serta mendapatkan dukungan anggaran juga dari APBD Solsel.

"Hasil pekerjaannya bagus dan memuaskan serta didukung penuh pengembangannya oleh Pemkab Solsel," ungkap Ujang yang juga Pendamping Swadaya Masyarakat Madya.


Disamping melakukan peninjauan, kedatangan Rifmayulis beserta beberapa orang kru televisi dalam rangka pembuatan videografis potensi daerah tertinggal pada Ditjen PDT yang direncanakan berlangsung selama sepekan.

Video yang berdurasi 20 menit tersebut dibuat oleh tim yang profesional di bidangnya, yang nantinya akan menjadi dokumentasi pihak kementrian.

"Tidak hanya untuk dokumentasi, tetapi juga untuk disebarluaskan melalui media sosial dan media lainnya serta menjadi bahan informasi bagi stakeholder lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mengatakan karena keindahan dan udaranya yang sejuk masyarakat memberi julukan destinasi wisata Camintoran "Swiss Van Sumatera."

"Kawasan Camintoran berada di ketinggian 1.230 Mdpl dan dekat dengan Gunung Kerinci serta alamnya sangat indah sehingga banyak masyarakat yang berkunjung walaupun pembangunannya belum siap dan mereka menjulukinya Swiss Van Sumatera," katanya.

Tahun ini, menurut dia, juga dikerjakan berbagai fasilitas yang diharapkan dapat terus mendukung keberadaan Camintoran, seperti halnya pembangunan waduk wisata, tambahan pondok wisata, ruang pertemuan, listrik, pengembangan taman bunga, jembatan wisata, peningkatan jalan, dan pembangunan lainnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya