Mahyeldi Resmikan Kasdora Kurao Pagang

AI Mangindo Kayo | Minggu, 21-07-2019 | 10:36 WIB | 141 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Resmikan Kasdora Kurao Pagang<p>Ketua PMI Padang, Mahyeldi meresmikan Kampung Sadar Donor Darah (Kasdora) ditandai dengan pengguntingan pita di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Ahad (21/07/2019). (humas)

VALORAnews - Upaya untuk meningkatkan ketersediaan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang terus melakukan berbagai program, sehingga dapat melayani kebutuhan darah bagi masyarakat, rumah sakit dan tempat-tempat lainnya. Salah satu program tersebut adalah membuat Kampung Sadar Donor Darah (Kasdora).

Demikian disampaikan Ketua PMI Padang, Mahyeldi saat meresmikan Kasdora Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Ahad (21/07/2019). Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul, Camat Nanggalo, Teddy Antonius beserta unsur Forkopimka setempat dan Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang, dr Widyarman.

Mahyeldi menyampaikan, kepada warga yang telah melakukan donor darah lebih 130 kali, Pemko Padang akan memberangkatkan umrah ke Mekkah. Sebab satu tetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain.


"Ini bentuk ucapan terimakasih dan apresiasi Pemko Padang dan PMI Kota Padang kepada pendonor darah. Karena pendonor darah merupakan orang luar biasa dan salah satu perbuatan terpuji," tambahnya.

Ia berharap, kegiatan Kasdora Kurao Pagang kedepan dapat menjamin kesediaan darah di Kota Padang. Sehingga bisa mencukupi kekurangan darah yang dibutuhkan masyarakat nantinya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan SDM PMI Padang, Zaipul Zakaria mengatakan, Kasdora merupakan bagian program kerja PMI Kota Padang yang disusun awal 2019. Tahap pendirian Kasdora dimulai dari asesment lokasi, sosialisasi dengan tokoh masyarakat dan recruiment relawan Kasdora.

Selanjutnya, kata Zaipul, bagi relawan tersebut diadakan workshop dan lokakarya untuk memberikan pengetahuan tentang donor darah sehingga bisa melakukan tugasnya nanti. "Alhamdulillah, tahap demi tahap telah dilalui dan kita berhasil merekrut 24 orang relawan dan 4 orang pembina," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pokja Kasdora Kurao Pagang, Jafrial menyampaikan, kehadiran Kasdora Kurao Pagang sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

Ia menambahkan, sejak program ini dilaksanakan, tercatat 107 orang yang ingin mendonorkan darah. Upaya ini terus didorong sehingga Kelurahan Kurao Pagang dapat menjadi penyumbang darah terbesar di Kota Padang.

"Terimakasih kepada PMI Kota Padang yang menjadikan Kelurahan Kurao Pagang sebagai Kasdora. Ini akan terus kami jaga dan akan dikembangkan lagi," imbuhnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya