Wabup Solsel Minta Pemuda Jadi Parik Paga Nagari

AI Mangindo Kayo | Selasa, 03-09-2019 | 09:34 WIB | 106 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Wabup Solsel Minta Pemuda Jadi Parik Paga Nagari<p>Ketua KNPI Sumbar, Fadly Amran bersama Abdul Rahman (Wabup Solsel), Zigo Rolanda (ketua DPRD Solsel) dan jajaran Forkopimda, menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Solsel di Aula SMKN 1 Solsel, Senin (2/9/2019). (humas)

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan, H Abdul Rahman berharap, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Solsel bisa jadi "Parik Paga Dalam Nagari" yang artinya sebagai benteng kepentingan nagari dan menjadi contoh yang baik bagi pemuda di Solok Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Abdul Rahman, saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Solsel di Aula SMKN 1 Solsel, Senin (2/9/2019).

Dia mengatakan, jika dikaji ulang mengenai sejarah terbentuknya Republik Indonesia, tidak terlepas dari campur tangan pemuda, ini menunjukkan sebegitu penting dan hebatnya peran pemuda dalam melahirkan bangsa.


"Presiden Soekarno menjadi presiden di usia 44 Tahun, bung Hatta 43 Tahun, Bung Tomo saat menggelorakan kemerdekaan yang dikenal dengan hari pahlawan, itu usianya baru 25 Tahun, semuanya masih muda-muda. Ini menunjukkan sebegitu penting dan hebatnya peran pemuda dalam melahirkan bangsa," tuturnya.

Dia berharap, KNPI Solok Selatan tidak tergiring dalam opini yang lebih sempit, sehingga peran-peran KNPI sesungguhnya dapat dijalankan dengan baik kedepannya.

Menginggung tentang bantuan anggaran dari APBD Solok Selatan untuk KNPI, Abdul Rahman menyebutkan, Pemerintah Daerah dan DPRD akan mencarikan solusinya, karena saat ini bantuan-bantuan sosial ke KNPI atau organisasi masyarakat lainnya tidak diperbelolehkan lagi.

Sementara itu, Ketua KNPI Propinsi Sumatera Barat yang juga Walikota Padangpanjang, Fadli Amran menyampaikan, sinergi antara KNPI dan Pemerintah Daerah sangat penting untuk kemajuan KNPI kedepannya.

Ia menekankan, sebagaimana visi dan misi KNPI Sumbar untuk menghambat peredaran narkoba, dapat dilakukan juga oleh KNPI Solsel.

"KNPI sebagai organisasi yang menjadi payung Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) bisa menjadi contoh yang baik," imbuhnya.

Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda juga mendukung dan mensupport kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KNPI,

Ia menyebutkan, sebelumnya KNPI mendapat fasilitas dari pemerintah, namun sekarang ada aturan yang membatasinya.

Namun demikian, ia menyebutkan DPRD tetap berkewajiban bagaimana organisasi pemuda ini bisa besar dan melahirkan pemuda-pemudi Solok Selatan yang akan menjadi calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang.

"DPRD tentu mendukung bagaimana KNPI mendapat anggaran dari APBD," tukasnya.

Ia berharap, KNPI Solsel bisa eksis di seluruh wilayah di Solok Selatan, tidak hanya di salah satu kecamatan, namun di seluruh kecamatan di Solok Selatan. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya