Nasrul Abit Resmikan Pembangunan SMK IT Al Izhar

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 07-09-2019 | 18:06 WIB | 176 klik | Kab. Agam
<p>Nasrul Abit Resmikan Pembangunan SMK IT Al Izhar<p>Wagub Sumbar, Nasrul Abit meletakan batu pertama pembangunan gedung SMK Al Izhar Islam Terpadu (IT) di Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sabtu (7/7/2019). (istimewa)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, pendidikan di Sumatera Barat tidak lagi wajib 9 tahun, tetapi sudah wajib 12 tahun. Dalam surveI APM, 39,6 persen penduduk Sumbar belum tamat SMA sederajat.

"Ini merupakan angka kumulatif se-Sumbar meski sudah banyak profesor dan doktor yang tercipta di daerah ini. APM 39,9% merupakan tantangan besar kita bersama dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan dalam membentuk generasi yang maju beriman bertaqwa serta berilmu pengetahuan dan teknologi," ungkap Nasrul Abit, pada Peletakan Batu Pertama SMK Al Izhar Islam Terpadu (IT) di Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sabtu (7/7/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan Sementara DPRD Sumbar, Desrio Putra, Anggota DPRD Ismunandi, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Ketua DPRD Agam, Novri Irwan, Sekwan, Camat Kamang Magek, Kepala Sekolah SMK Al Ishar, Abdul Hamid dan Ketua Perantau Minang Kaltim, Jurnairi Jufhar.


Dikatakan Nasrul Abit, pemprov Sumbar memberi apresiasi dan mendukung kegiatan pembangunan ini untuk melahirkan generasi unggul di Sumatera Barat.

"Kita mengharapkan agar jebolan SMK Al Izhar dalam menguasai bahasa asing, arab dan berpengetahuan yang luas kemajuan teknologi informasi dan keilmuan teknis lainnya agar memiliki daya saing menjawab tantangan revolusi industri four point zero (4.0) di era globalisasi pasar bebas dunia hari ini dan masa datang," ungkap Nasrul Abit.

Dia menyampaikan, dalam hal pembangunan Sumbar mempunyai tantangan yang tinggi karena daerah kita merupakan lebih banyak hutan lindung yang tidak bisa diganggu dan diolah.

""Kita mesti membangun otak generasi Sumbar yang unggulan untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Sekaligus dapat menjawab tantangan era globalisasi dan revolusi industri 4.0 dan dapat mengolah lahan yang ada menjadi lebih produktif dan berkualitas tinggi," ajak Nasrul Abit.

Sementara, Trinda Farhan Satria menyampaikan, peletakan batu pertama dalam pembangunan SMK IT Al Izhar merupakan sesuatu semangat pembangunan pendidikan yang tidak memisahkan antara pendidikan ilmu pengetahuan dengan prinsip-prinsip kepribadian iman agama dan tidak ada sekularisme dalam dunia pendidikan.

"Atas nama Pemkab Agam menyampaikan ucapan terima kasih kepada suku pisang yang telah mewakafkan tanah pusako 1 Ha, untuk pembangunan sekolah ini yang bermanfaat untuk kemajuan pembangunan kabupaten Agam madani dalam pembentukan generasi unggul," ujarnya

Trinda Farhan menambahkan, kehadiran sekolah ini telah ikut membantu salah satu program strategis pemkab Agam membangun sumber daya manusia.

"Kita berharap dengan dibangunnya boording school SMK IT Al Izhar, akan muncul lulusan yang tidak saja siap kerja, akan tetapi lebih lagi yaitu siap untuk membuka lapangan kerja. Dua jurusan yang ada nanti di SMK IT Al Izhar ini dan salah satunya jurusan lokomotiv yang merupakan potensi yang sesuai dengan daerah Kamang Hilia," terangnya.

"Ii juga akan berdampak banyak kepada masyarakat setempat, yang juga mampu memacu tingkat perekonomian di Nagari Kamang Hilia," katanya.

Pendiri Yayasan SMK IT Al Izhar, Junairi Jufhar Dt Mangkudun mengatakan, faktor utama membangun mendirikan sekolah ini sebagai bentuk konkrit dalam membantu pemerintah membangun generasi SDM unggulan di Nagari Magek, Kamang Hilia. Hal inidi ilhami dari al Quran surat Al Raad, "Sesungguhnya tidak akan aku ubah suatu kaum kecuali mereka ingin merubah diri mereka sendiri."

"Atas nama Yayasan Kamang Cendikia, kami mengucapkan terima kasih pemprov Sumbar dan pemkab Agam beserta rombongan agar dapat dihadiahkan pahala yang berlipat ganda karena telah membantu dan mensupport kegiatan ini hingga terselenggaranya pembangunan SMK IT Al Izhar," ucapnya.

Sementara itu, Kepsek SMK IT Al Izhar, Abdul Hamid mengungkapkan, lahan tanah ini merupakan wakaf dari kaum Dt Tumangguang Putiah, Dt Pucuak dan Dt Mangkudun dibawah pimpinan Irwan Novi Ketua Yayasan Kamang Cendikia sekaligus Ketua DPRD kab Agam.

"Semoga SMK IT Al Izhar dapat membangun SDM yang lebih baik dan bermarwah serta bermartabat untuk nagari kamang hilia," harapnya.

Lahan 1 Ha lSMK IT Al Izhar merupakan cita-cita Pendiri Yayasan Kamang Cendikia yang telah dirintis 2 tahun sebelumnya. Dengan niat ikhlas mendirikan sekolah membentuk dan mencetak generasi Islam untuk kemajuan negeri. Jurusan SMK IT Al Izhar ada dua: Agrobisnis dan Jurusan Pariwisata Syariah. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Agam lainnya