240 Siswa Ikuti Festcosix

AI Mangindo Kayo | Minggu, 08-09-2019 | 07:40 WIB | 140 klik | Kota Padang
<p>240 Siswa Ikuti Festcosix<p>Salah seorang siswa tampil di perlombaan yang digelar di acara Festival and Competition Smansix (Festcosix) di Medan Nan Bapaneh SMAN 6 Padang, Sabtu (7/9/2019). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kepala Bidang Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Fourindra Putra membuka Festival and Competition Smansix (Festcosix) di Medan Nan Bapaneh SMAN 6 Padang, Sabtu (7/9/2019).

Foundra mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh siswa-siswa SMAN 6 Padang sebagai bentuk kreativitas generasi muda dalam mengembangkan minat, bakat dan kemampuan.

"Diharapkan, kegiatan ini dapat muncul bakat-bakat dengan kemampuan yang nantinya bisa ditampilkan mewakili Sumatera Barat diberbagai ajang nasional maupun internasional. Dalam waktu dekat, mungkin bisa kita tampilkan di gebyar pendidikan nasional pada awal Oktober ini," ujar Foundra saat membuka kegiatan itu.


Dalam Festcosix, ada tiga rangkaian kegiatan dan lomba yaitu Pentas Seni yang memperlombakan berbagai kesenian tradisional, English Competition serta Bunkasai (aneka lomba berbahasa Jepang).

Kepala SMAN 6 Padang, Risdaneti mengatakan, kegiatan ini merupakan gabungan dari dua kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Untuk English Competition, merupakan kali ke empat dilaksanakan. Sementara, Pensix ini merupakan kali kedua. Sedangkan Bunkasai ini adalah kali perdana. Kita sengaja menggabungkan 3 kegiatan ini agar tidak terlalu menyita waktu anak-anak, karena akhir bulan ini memasuki tengah semester," ujar Risdaneti.

Dipilihnya kegiatan Bunkasai, menurut Risdaneti, karena tingginya minat pelajar SMA dalam mempelajari bahasa Jepang. Lebih dari 50 persen SMA di Padang, memilih program bahasa Jepang sebagai mata pelajaran lintas minat.

Selain itu, pada tahun 2015 lalu, SMA 6 Padang juga telah menanda tangani MoU Sisters School dengan salah satu sekolah di Sakado, Jepang.

Dalam Bunkasai terdapat beberapa perlombaan seperti lomba Anime Drawing, Solo Song lagu Jepang, cerdas cermat, Kana baca dan Kana tulis. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kota Padang lainnya