Korban Angin Puting Beliung Butuh Material Bangunan untuk Perbaiki Rumah

AI Mangindo Kayo | Minggu, 08-09-2019 | 17:44 WIB | 111 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Korban Angin Puting Beliung Butuh Material Bangunan untuk Perbaiki Rumah<p>Wabup Solsel, Abdul Rahman meninjau korban angin puting beliung bersama pihak-pihak terkait, Ahad (8/9/2019). (humas)

VALORAnews - Masyarakat yang terkena dampak bencana angin puting beliung yang melanda 85 buah rumah di tiga kenagarian di Kecamatan Pauh Duo, Solsel, Jumat (6/9/2019) silam, membutuhkan bahan-bahan material guna memperbaiki rumah-rumah mereka yang rusak akibat musibah tersebut.

Hal ini terungkap ketika Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, melakukan peninjauan ke lapangan bersama pihak-pihak terkait, Ahad (8/9/2019).

"Saat ini masyarakat membutuhkan bantuan berupa bahan-bahan material seperti seng, kayu, paku dan kebutuhan lain, guna memperbaiki rumahnya yang rusak," jelas Abdul Rahman.


Ia mengharapkan, pihak-pihak lain seperti perusahaan, masyarakat dan unsur lainnya dapat memberikan bantuannya, untuk meringankan beban mereka yang tertimpa musibah.

Menurutnya, pihak terkait telah melakukan inventarisasi terhadap kerusakan-kerusakan yang ada, dimana ditemukan adanya kerusakan rumah sebanyak 85 unit rumah serta kerusakan berat pada 2 unit Rumah Gadang di Jorong Taratak Bukareh dan kerusakan sedang 1 unit Masjid di Jorong Pinang Sinawa (Masjid Hidayatul Kubra).

Saat melihat kondisi masjid yang terkena dampak cukup parah dan juga yang akan digunakan untuk kepentingan ibadah, Wabup yang hadir bersama Anggota DPRD Mukhlis, langsung menginstruksikan pihak BPBD dan juga Dinas Sosial agar segera memberikan bantuannya

"Usahakan bantuan seng untuk memperbaiki atap masjid ini segera diberikan Senin depan, agar masyarakatpun bisa segera gotong-royong memperbaikinya," kata Abdul Rahman memberi instruksi.

Senada dengan itu, Wali Nagari Luak Kapau Alam Pauh Duo, Syahibul Izar mengatakan, saat ini masyarakat memang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya.

"Masyarakat butuh bantuan material, seperti seng, paku, kayu reng, dan kebutuhan lain yang akan digunakan memperbaiki rumah," jelasnya.

Sementara itu, dihubungi melalui seluler, Kadis Sosial dan PMD, Hapison mengatakan, untuk bantuan bencana dapat disalurkan melalui posko di Kantor Wali Nagari Luak Kapau di Ujuang Jalan. "Kita sudah tugaskan personil di sana," tukasnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya