Mahyeldi Bicara Leadership ke Mahasiswa Fakultas Hukum

Pemimpin Itu Ditinggikan Seranting, Didahulukan Selangkah

AI Mangindo Kayo | Rabu, 11-09-2019 | 09:06 WIB | 100 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Pemimpin Itu Ditinggikan Seranting, Didahulukan Selangkah<p>Wako Padang, Mahyeldi menyalami pimpinan Fakultas Hukum Unand usai membuka Leadership Talkshow Training XXVI diinisiasi Law Student Association Local Chapter Universitas Andalas di Aula Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas, Rabu (11/9/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi didapuk jadi pembicara tentang kepemimpinan yang dekat dan melayani. Materi itu dipaparkannya dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Hukum dari 13 perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan bertajuk Leadership Talkshow Training XXVI diinisiasi Law Student Association Local Chapter Universitas Andalas. Kegiatan itu digelar di Aula Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Andalas, Rabu (11/9/2019).

Mahyeldi mengatakan, pemimpin tidak boleh jauh dari orang yang dipimpinnya. Senantiasa harus dekat dan mengerti setiap keluhan mereka supaya didapatkan solusi untuk permasalahan yang ada.


"Dekat dan melayani adalah gaya memimpin yang dekat dengan kultur Minangkbau atau secara umum budaya orang Indonesia," kata dia.

Menurutnya, dalam ungkapan tentang kepemimpinan di Minangkabau disebut pemimpin itu didahulukan selangkah ditinggikan seranting. Artinya, tidak terlalu jauh jarak pemimin dengan yang dipimpin.

"Saya rasa ungkapan itu tepat, karena memang pemimpin tidak boleh semena-mena tetapi memahami orang yang dipimpinnya," katanya.

Dikatakan, selain dekat, pemimpin dalam kebijakannya mestinya bagian dari melayani. Dengan "power" yang dimiliki pemimpin lebih efektif dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan keamanan dalam rangka melayani.

"Intinya, selain dekat, pemimpin juga haus memberikan pelayanan melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak ke masyarakat, jika dia pemimpin publik," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini dihadiri Dekan Fakultas Hukum Unand dan sejumlah pengajar (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya