43 Petani Jamur Binaan Baznas Padang Bertransformasi jadi Muzakki

AI Mangindo Kayo | Kamis, 19-09-2019 | 12:27 WIB | 132 klik | Kota Padang
<p>43 Petani Jamur Binaan Baznas Padang Bertransformasi jadi Muzakki<p>Ketua Baznas Padang, Epi Santoso memberikan motivasi pada 43 mustahik yang berprofesi sebagai petani jamur tiram binaan Baznas Padang, Selasa (17/9/2019) di aula Baznas Padang. (humas)

VALORAnews - Sebanyak 43 mustahik yang berprofesi sebagai petani jamur tiram binaan Baznas Padang, kini mulai memiliki pendapatan rutin setiap bulan, berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp2,5 juta. Selain sudah punya usaha sendiri, mereka juga sudah mampu bersedekah secara rutin. Sedekah itu diberikan setiap jamur dipanen dan terjual.

"Alhamdulillah, saya sudah bisa membayar uang kuliah anak dari hasil budidaya jamur tiram," kata mustahik binaaan Baznas Padang, Selasa (17/9/2019) di aula Baznas Padang.

Mustahik petani jamur tiram yang masih berstatus mahasiswa, juga menyatakan kegembiraannya. "Saya masih kuliah. Ekonomi keluarga kurang mampu. Lalu, saya ikut budidaya jamur tiram. Alhamdulillah, saya juga sudah bisa bayar uang kuliah dari hasil bertanam jamur ini," sebut Lira.


Dari 43 petani jamur binaan Baznas Padang semuanya mengaku senang. Walaupun penghasilan setiap anggota kelompok petani jamur tiram beragam.

Terkait dengan kabar gembira itu, Ketua Baznas Padang, H Episantoso mengimbau petani jamur tiram jangan berhenti.

"Ibu dan bapak teruslah bergerak. Jangan berhenti berinovasi, untuk mengembangkan produk jamur tiram," harap Episantoso.

Jika selama ini, jamur tiram dijual dalam bentuk segar (belum diolah), kedepan perlu diperlukan nilai tambahnya. Seperti, jamur tiram yang sudah diolah jadi rendang jamur dan jenis olahan lainnya.

Disisi lain, Episantoso mengajak mustahik petani jamur berbagi rezeki dengan bersedekah.

Sebab, bersedekah itu, ulas Episantoso, selain bisa menolak bala juga jadi penyebab Allah menambah rezki kita. "Itu janji Allah," tegasnya.

"Ingat ibu bapak, tidak ada orang yang suka bersedekah itu, jadi miskin. Justru, orang yang suka bersedekah, Allah limpahkan rezekinya," katanya seraya membaca firman Allah tentang keutamaan bersedekah.

Setelah hampir satu jam lebih Episantoso memotivasi pengusaha jamur tiram itu, akhirnya satu persatu celengan Baznas Padang diserahkan. Diharapkan, celengan itu diisi dari hasil jualan jamur tiram. Berapa jumlahnya sedekah setiap hari diserahkan pada mustahik. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Bisnis lainnya
Berita Kota Padang lainnya