Mahyeldi Pastikan Keamanan Perantau di Padang

AI Mangindo Kayo | Selasa, 01-10-2019 | 17:03 WIB | 162 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Pastikan Keamanan Perantau di Padang<p>Wako Padang, Mahyeldi saat jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Padang 2019 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, Selasa (1/10/2019). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang bersama stakeholder terkait memastikan rasa aman dan tentram bagi semua perantau yang tinggal di Kota Padang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi kepada wartawan usai jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Padang 2019 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, Selasa (1/10/2019).

Menurut dia, kepastian keamanan dan kenyamanan itu menyusul aksi kekerasan yang terjadi di Wamena dan sejumlah daerah di Provinsi Papua Barat beberapa waktu lalu. Dari informasi terbaru sejak kemarin, terhitung 33 orang total korban tewas di antaranya 10 orang perantau asal Sumatera Barat.


"Kekerasan ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa terdahulu. Oleh sebab itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kita meminta kepada pemerintah pusat untuk mengusut tuntas kasus ini, sehingga kehadiran negara sebagai perlindungan bagi warganya dapat dirasakan sepenuhnya," terangnya.

"Atas nama Pemko Padang, kami memastikan untuk memberikan rasa aman dan tentram bagi warga pendatang termasuk warga Papua yang ada di sini," ujar Ketua DPW Forum Bela Negara Sumbar tersebut.

Dijelaskan Mahyeldi, melalui momentum peringatan Hari kesaktian Pancasila tahun ini ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Yaitunya seperti yang tertuang dalam 5 sila yang terdapat di Pancasila.

"Mari kita ciptakan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan serta merawat Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Maka itu kami menyatakan sangat berduka atas aksi kekerasan di Papua sana, semoga hal ini dapat diselesaikan secepatnya dan tidak terjadi lagi ke depan. Kepada korban mari sama-sama kita bantu khususnya yang ingin pulang ke kampung halaman," imbuhnya.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ialah "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa, Menuju Indonesia Maju dan Bahagia'. Upacara ini juga dihadiri Dandim 0312 Padang, Kapolresta Padang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul beserta seluruh pimpinan OPD dan ASN di lingkup Pemko Padang dan unsur terkait lainnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Metro lainnya
Berita Kota Padang lainnya