IAIN Batusangkar Ambil Bagian Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

AI Mangindo Kayo | Rabu, 02-10-2019 | 18:30 WIB | 377 klik | Kab. Tanah Datar
<p>IAIN Batusangkar Ambil Bagian Dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila<p>Kepala Biro AUAK IAIN Batusangkar, Yasrizal mengikuti kegiatan tabur bunga yang merupakan rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di TMP Bahagia, Kota Batusangkar, Selasa (1/9/2019). (humas)

VALORAnews - Civitas Akademika IAIN Batusangkar mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan Sepak Bola Gumarang, Kota Batusangkar, Selasa (1/9/2019). Upacara ini dilaksanakan oleh Polres Tanahdatar bersama jajaran TNI serta Pemkab Tanahdatar.

Kepala Biro AUAK, Yasrizal yang mewakili civitas akademika IAIN Batusangkar mengatakan, nilai-nilai Pancasila tidak bertentangan dengan ajaran Agama Islam. Oleh karena itu, IAIN Batusangkar mempunyai andil dalam memberikan pendidikan pada masyarakat untuk memahamai nilai-nilai Pancasila secara utuh.

"Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah final. Jangan dibenturkan dengan ajaran agama apapun," terang Yasrizal dalam siaran pers yang diterima, Rabu (2/9/2019).


Dikatkannya, Pancasila adalah ideologi bangsa yang menyatukan bangsa Indonesia dalam keberagaman dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Kita jangan mau dipecah belah dengan wacana membenturkan Pancasila dengan ajaran agama yang kita anut terutama kaum muslimin yang menjadi mayoritas di NKRI ini," tegasnya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma serta anggota DPRD, pejabat Utama TNI/Polri serta pasukan upacara yang terdiri dari instansi pemerintah. Selain itu, ada juga siswa yang berasal dari SD hingga SMA untuk menunjuk patriotisme pada nusa dan bangsa Indonesia.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Bahagia Batusangkar yang dipimpin Kajari Batusangkar. Dalam ziarah ini, dilaksaakan tabur bunga sebagai tanda penghormatan pada pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekan Republik Indonesia.

Yasrizal yang mewakili Rektor IAIN Batusangkar, ambil bagian dalam tabur bunga ini. Ketidakhadiran Rektor IAIN Batusangkar dalam Uapacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila kali ini, disebabkan beliau menghadiri acara Annual International Conference Islamic Studies (AICIS), yang dilaksanakan Kementerian Agama RI, sekaligus mengikuti upacara serupa dilingkungan Kemenag RI di Jakarta. (rls/jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya