31 Mahasiswa Terima Bantuan Pendidikan dari Baznas Tanahdatar

AI Mangindo Kayo | Selasa, 08-10-2019 | 17:29 WIB | 277 klik | Kab. Tanah Datar
<p>31 Mahasiswa Terima Bantuan Pendidikan dari Baznas Tanahdatar<p>Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi didampingi Emrizal Dt. Hyang Basa (Ketua Baznas Tanahdatar), menyerahkan dana zakat untuk bantuan pendidikan masuk PTN dan bantuan program rehab rumah tidak layak huni di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa (8/10/2019). (jhen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanahdatar, Emrizal Dt. Hyang Basa, menyerahkan dana zakat untuk bantuan pendidikan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan bantuan program rehab rumah tidak layak huni di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa (8/10/2019).

Dalam sambutannya, Irdinansyah menyampaikan, di awal kepemimpinannya, begitu banyak permintaan secara langsung untuk bantuan pendidikan, biaya berobat dan bantuan usaha.

Untuk pendidikan, pemerintah daerah sudah bertekad membantu biaya masuk PTN bagi siswa dari keluarga tidak mampu dengan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Cerdas (Gerbang Cerdas) serta rehab rumah tidak layak huni dengan program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap).


"Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanahdatar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya. Tahun ini kita salurkan hampir Rp1 Miliar mengantarkan anak Tanahdatar bisa kuliah di PTN. Program ini kita yakini tidak hanya sekadar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya," tegas Irdinansyah didampingi Kadis Dikbud, Riswandi dan Sekretaris Dinas Sosial PPPA, Dadan Hendarsyah.

Sebelumnya, Emrizal Dt Hyang Basa menyampaikan sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai beberapa program bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusian dan ekonomi.

"Hari ini kita salurkan zakat sebesar Rp85,325 juta untuk 31 orang yang lulus di PTN dan Rp574 juta untuk 28 orang program rehab rumah," ungkap H Emrizal yang didampingi pengurus lainnya.

Untuk bantuan pendidikan sudah disalurkan sebanyak Rp167 juta dengan rincian bantuan pendidikan ke Timur Tengah untuk 3 orang sebesar Rp30 juta, bantuan kuliah di dalam negeri sebesar Rp51,9 juta dan bantuan masuk PTN sebesar Rp85,325 juta.

Sementara, untuk bantuan rehab rumah dalam bentuk penyediaan bahan bangunan masing-masing 2 orang per kecamatan menerima senilai Rp20 juta.

H Emrizal mengatakan, Baznas Tanahdatar terus mengoptimalkan penyaluran zakat dari yang dikumpulkan. "Hari ini diakui penerimaan zakat di Tanahdatar semakin menurun dengan peralihan kewenangan pendidikan SMA ke provinsi. Tahun 2019 maksimal bisa terkumpul sekitar Rp7 Miliar sementara tahun-tahun sebelumnya di angka Rp9,8 Miliar dan Rp10,8 Miliar," jelasnya.

Untuk menyisiasatinya, Emrizal mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menghimbau ASN, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulkan zakat tidak hanya gaji tetapi tunjangan lain yang diterima. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya