Rektor IAIN Batusangkar Lepas 30 CPNS Ikuti Latsar

AI Mangindo Kayo | Rabu, 09-10-2019 | 17:40 WIB | 204 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Rektor IAIN Batusangkar Lepas 30 CPNS Ikuti Latsar<p>Rektor IAIN Batusangkar, H Kasmuri beserta civitas akademika lainnya, foto bersama dengan CPNS yang akan mengikuti Pelatihan Dasar ke Balai Diklat Keagamaan di Padang Provinsi Sumatera Barat, di Kampus IAIN Batusangkar, Rabu (9/10/2019). (jhen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, mengirim 30 CPNS sebagai peserta Pelatihan Dasar ke Balai Diklat Keagamaan Padang Provinsi Sumatera Barat. Terdiri dari 27 orang calon dosen dan 3 orang jabatan fungsional tertentu yang tegabung dalam angkatan XXIX tahun 2019.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Marjoni Imamora di Kampus IAIN Batusangkar, Rabu (9/10/2019).

"Peserta Latsar IAIN Batusangkar terbagi tiga tahapan pelaksanaan pelatihan dasar CPNS, yakni tahapan on campuss sesi I, tanggal 11-28 Oktober 2019, tahapan off campuss, dengan aktualisasi di tempat kerja atau di unit masing-masing dimulai pada 29 Oktober hingga 27 November 2019 dan on campuss sesi II pada 28-30 November 2019," ucap Marjoni.


Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar, H Kasmuri menyampaikan, pelatihan Latsar ini merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi ASN sesuai golongan. Lebih lanjut, ini bertujuan membentuk dan membangun integrasi moral/karakter, perilaku serta sikap bela negara serta pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil dan mampu melaksanakan tugas, budaya organisasinya di IAIN Batusangkar supaya mampu menjalankan perannya secara professional serta kompetensi bidang masing-masing.

Hadir dalam pelepasan Laskar CPNS IAIN Batusangkar, Kabag Umum, Ovel Rinel, Subag Organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan, Indra Gusman dan pelaksana tugas OKPP IAIN Batusangkar.

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau disingkat Latsar CPNS adalah syarat untuk CPNS menjadi PNS. LATSAR dilaksanakan dengan merujuk UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN yang mengamanatkan Instansi Pemerintah untuk wajib memberikan pendidikan dan pelatihan terintegrasi bagi CPNS.

Sebelum 2015, dikenal sebagai Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan atau disingkat Diklat Prajabatan, sebagai salah satu syarat wajib sebelum menjadi pegawai negeri sipil. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya