Waqaf 1000 Hafiz Digelar di Pagaruyung, Yusuf Mansur: Cintai Quran

AI Mangindo Kayo | Senin, 14-10-2019 | 06:05 WIB | 140 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Waqaf 1000 Hafiz Digelar di Pagaruyung, Yusuf Mansur: Cintai Quran<p>Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi bersama Ustad Yusuf Mansur, Wakil Bupati, Zuldafri Darma serta Forkopimda dan undangan lainnya, menghadiri kegiatan waqaf 1.000 tahfiz yang digelar Pemkab Tanahdatar di Komplek Istano Basa Pagaruyung, Ahad (13/10/2019). (jen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Ustadz Yusuf Mansyur menghadiri kegiatan waqaf 1.000 tahfiz yang digelar Pemkab Tanahdatar di Komplek Istano Basa Pagaruyung, Ahad (13/10/2019). Dalam tausiahnya, Ustadz Yusuf Mansur merasa bangga dan terharu dengan program waqaf 1.000 hafiz ini.

"Belum ada di daerah lain selain di Tanahdatar, acara tahfiz quran dilaksanakan semeriah ini. Menunjukan tingginya kecintaan kepada Al Quran. Juga membanggakan tadi, ada ananda Maryam Syakira Suki, baru berusia 3 tahun sudah hafal 1 juz," ungkap Ustadz Yusuf Mansur.

"Yakinlah, kehormatan yang diterima hafiz hari ini luar biasa dan akan lebih luar biasa ketika para hafiz dimuliakan Allah SWT di akhirat nanti. Para hafiz akan membaca al Quran di hadapan Allah SWT disaksikan para malaikat dan nabi," terangnya lagi.


Acara ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati dan Forkompinda Tanahdatar serta Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kabiro Bina Mental dan Kesra, Syafruddin. Tampak hadir Ketua TP PKK, Emi Irdinansyah, Ketua DWP, Rina Irwandi dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi menilai, menjadikan anak-anak hafiz al Quran, umpama menanam benih unggul yang akan disemai hasilnya nanti.

"Program pembinaan Al Quran khususnya tahfiz di Tanahdatar selama 3 tahun terakhir, sudah membuahkan hasil. Tanahdatar untuk pertama kalinya jadi Juara Umum pada MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat," ungkapnya.

"Lima dari 9 cabang yang memperoleh peringkat satu, berasal dari cabang Hifzil Quran. Ini mengindikasikan bahwa program rumah tahfiz telah meningkatkan kualitas para hafiz di Tanahdatar," jelas Irdinansyah seraya menyebutkan jumlah rumah tahfiz sudah 167 unit dari 6 unit di awal pemerintahan Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma.

Dia menyampaikan hasil luar biasa ini, akan dinikmati bersama sepanjang masa hingga akhirat nanti. "Terima kasih guru, pembina rumah tahfiz, orang tua dan para donatur, mudah-mudahan program ini bisa berlanjut dan meningkat kualitas dan kuantitasnya dari tahun ke tahun," harapnya.

"Kepada orang tua, jangan khawatir waktu anaknya belajar akan terganggu karena menghafal al Quran, yakinlah dengan menghafal al Quran meningkatkan kecerdasan anak," tekannya.

Di kesempatan itu, diluncurkan program e-tahfiz sebagai sarana data dan informasi pengembangan tahfiz di Tanahdatar.

Sementara, Syafruddin memberi apresiasi Tanah Datar sebagai pelopor program tahfiz dan secara konsisten mendorong lahir para hafiz.

"Program ini sejalan dan mendukung program pemerintah provinsi menjadi Sumatera Barat yang madani dalam nilai ABS-SBK," ucap Syafruddin.

Peserta Waqaf 1.000 hafiz adalah anak berusia 12 tahun ke bawah sebanyak 1.000 orang, diseleksi dari 2.251 peserta. Selain itu, juga diseleksi para hafiz 3 juz ke atas dengan peserta 739 orang dan dinyatakan lulus 163 orang yang kemudian dipilih lagi menjadi 11 orang terbaik sesuai tingkatan untuk diberi reward umrah dan 3 orang terbaik untuk studi banding internasional. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya