Galeri Investasi BEI FE UNP Raih Penghargaan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi

AI Mangindo Kayo | Selasa, 03-12-2019 | 18:08 WIB | 102 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Galeri Investasi BEI FE UNP Raih Penghargaan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi<p>Pembina Galeri Investasi FE UNP, Erly Mulyani, usai menerima penghargaan sebagai terbaik 2 kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi pada Galeri Investasi BEI Award di Jakarta. (istimewa)

VALORAnews - Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) meraih penghargaan sebagai terbaik 2 kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi.

"Kita bersyukur meraih penghargaan ini. Tentunya ini tidak terlepas dari upaya kita semua dalam memajukan galeri dan mahasiswa untuk menarik mereka masuk ke pasar modal," ungkap Pembina Galeri Investasi FE UNP, Erly Mulyani, di Padang.

Dia mengatakan, FE UNP sejak 2014 selalu diundang pada Galeri Investasi BEI Award, kecuali 2018. Galeri Investasi BEI Award ini merupakan tahun ke-9 dan diberikan sebagai wujud apresiasi kepada Galeri Investasi BEI beserta anggota bursa mitra Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia yang telah berjasa dalam memperluas informasi dan pelaksanaan edukasi pasar modal kepada masyarakat.


Kegiatan yang dilakukan Galeri Investasi BEI FE UNP antara lain, seminar dan edukasi pasar modal, bazar, talkshow, sosialisasi pasar modal kepada masyarakat dan siswa SMA seperti menerima kunjungan sekolah termasuk pengabdian ke sekolah dan lainnya.

"Semoga capaian ini dapat terus memacu semangat untuk bisa berbuat lebih baik lagi ke depannya," harap dia.

Atas penghargaan tersebut, pemenang dari masing-masing kategori selain mendapatkan piala dan penghargaan, juga mendapatkan uang pembinaan, dimana juara 1 uang senilai Rp15 juta, juara 2 sebesar Rp10 juta dan juara 3 sebesar Rp5 juta.

SID Meningkat

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, pertumbuhan jumlah investor saham di BEI kembali mencatatkan rekor baru di tahun ini sebesar 237.747 single investor identification (SID). Ini data per 28 November 2019.

Jumlah tersebut melampaui rekor pencapain jumlah investor baru di 2018 yang tercatat sebesar 223.749 SID.

"Pertumbuhan SID saham di tahun ini, selain merupakan hasil program literasi, edukasi dan inklusi yang dilakukan selama ini, juga disumbang oleh kegiatan kompetisi 10 Days Challenge yang secara signifikan meningkatkan inklusi keuangan," ujarnya.

Sementara, jumlah investor saham di BEI di Indonesia per 28 November 2019 mencapai 1.089.987 Single Investor Identification (SID) atau meningkat 27,8 persen dibandingkan jumlah investor di 2018 sebesar 852.240 SID. Dengan 450 Galeri Investasi BEI aktif di Indonesia.

BEI juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam pencapaian ini, yakni OJK, Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI).

Peran Galeri Investasi di perguruan tinggi di berbagai daerah, menjadikan BEI hadir lebih dekat khususnya kepada civitas akademika dan masyarakat luas pada umumnya.

Hal tersebut diharapkan mendukung edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal sehingga dapat lebih mudah diterima dan dipahami. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Provinsi Sumatera Barat lainnya