Solsel Terapkan Pembuatan Akta Kelahiran Online, Bisa Dicetak Mandiri

AI Mangindo Kayo | Kamis, 01-08-2019 | 16:58 WIB | 65 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Solsel Terapkan Pembuatan Akta Kelahiran Online, Bisa Dicetak Mandiri<p>Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Efi Yandri. (humas)

VALORAnews - Pembuatan akta kelahiran, kini bisa lebih mudah karena Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri seiring diluncurkannya program layanan akta kelahiran online.

Layanan ini memungkinkan masyarakat membuat akta kelahiran sendiri melalui situs online yang dikelola Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Efi Yandri menyebutkan, dengan adanya layanan ini, terhitung 1 Agustus 2019 masyarakat Solsel bisa membuat dan mencetak akta kelahiran sendiri.


"Dengan layanan ini, warga tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor Disdukcapil untuk mengurus akta kelahiran," sebutnya usai memberikan sosialisasi pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan administrasi kependudukan (pencatatan kelahiran online) di aula Kantor Dukcapil Solsel, Kamis (1/8/2019).

Sosialisasi tersebut menghadirkan 7 orang sekretaris kecamatan dan 39 orang sekretaris nagari di Solsel.

Efi Yandri menyebutkan, angka pencatatan akta kelahiran di Solsel masih berada dibawah target nasional, dimana data per 31 Desember 2018, penduduk Kabupaten Solok Selatan berumur 0-18 tahun mencapai 62,6 ribu orang, sedangkan yang telah mempunyai akta kelahiran sekitar 46,8 ribu dan yang belum mempunyai akta kelahiran mencapai 15,7 ribu orang.

Dia mengatakan, rendahnya angkat akta kelahiran di Solsel salah satunya karena masyarakat belum memahami pentingnya kepemilikan akta kelahiran.

Disamping itu, kondisi geografis dan kurangnya keterlibatan pemerintah tingkat rendah masih minim.

Dengan adanya layanan online ini, Dia berharap masyarakat Solsel lebih mudah untuk membuat akta kelahiran, dan target capaian pencatatan akta kelahiran di Solsel bisa melebihi target nasional.

"Layanan Online ini berbasis teknologi informasi, artinya bisa lakukan dimana saja sepanjang ada jaringan internet dan tidak perlu antri sebagaimana pelayanan di kantor," ucapnya.

Ia menambahkan, layanan akta kelahiran online akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena bisa dilakukan di rumah, jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dukcapil untuk mengurus akta kelahiran.

"Dukcapil ikut senang dengan adanya layanan ini, tentu ini akan lebih efesien dan efektif bagi pelayanan, disamping itu akan memangkas birokrasi dan kinerja sumber daya manusia di kantor akan meningkat," sebutnya menjelaskan manfaat layanan daring ini.

Dia juga berharap Pemerintahan Nagari bisa segera mengaplikasikan layanan ini. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Solok Selatan lainnya