Jurusan PBA Fakultas TIK IAIN Batusangkar Gelar Hari Berbahasa Arab

AI Mangindo Kayo | Rabu, 18-12-2019 | 16:46 WIB | 452 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Jurusan PBA Fakultas TIK IAIN Batusangkar Gelar Hari Berbahasa Arab<p>Native Speaker bahasa Arab dari Al Azhar Mesir, Sheikh Walid Hamdi Muhammad, foto bersama dengan Yarman (Kabag AKAMA IAIN Batusangkar) dan mahasiswa, saat memperingati Hari Bahasa Arab Internasional, Rabu (18/12/2019) di Komplek Kampus I, Jl Sudirman, Batusangkar. (jhen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Bahasa Arab telah ditetapkan sebagai bahasa resmi dunia yang keenam. Selain itu, Bahasa Arab adalah bahasa orang Islam karena Al Quran diturunkan dalam Bahasa Arab.

Demikian dikatakan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas TIK IAIN Batusangkar, Muhammad Yusuf Salam, saat memperingati Hari Bahasa Arab Internasional yang jatuh pada Rabu (18/12/2019) di Komplek Kampus I, Jl Sudirman, Batusangkar.

"Kita mesti bangga saat pandai berbahasa Arab, terlebih sudah ditetapkan pula sebagai bahasa resmi dunia," ungkap Yusuf Salam saat membuka kegiatan.


Sebelumnya, Ketua HMJ PBA, Luqman Hafiz menyampaikan, perayaan hari Bahasa Arab ini sebagai wujud rasa bangga mahasiswa sekaligus penggiat bahasa.

"Tepat pada tanggal ini pada tahun 1973, Unesco telah menetapkan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi internasional yang keenam," terangnya.

"Memang sudah selayaknya Bahasa Arab diakui di seluruh dunia. Karena Bahasa Arab mempunyai peran besar dalam kemajuan peradaban dunia," tambahnya.

Diakui ataupun tidak diakui, terang dia, para ilmuwan yang banyak dikenal di dunia ini, ternyata hanya menukil terjemahan dari buku buku ilmuwan-ilmuwan sebelumnya, yang semuanya itu adalah ilmuwan muslim. Bahasa yang digunakan oleh ilmuan muslim itu adalah Bahasa Arab.

"Sebut saja salah satunya Ibnu Sina. Filosof Muslim yang dikenal dengan nama Avicenna di dunia Barat. Dia merupakan bapak kedokteran modern. Karyanya yang terkenal kitab penyembuhan dan Qanun kedokteran, telah jadi rujukan dibidang medis selama berabad abad," terang Lukman yang karib disapa Bob itu.

Perayaan ini dimeriahkan dengan kegiatan kegiatan berbahasa arab dan pemilihan duta bahasa arab. Dihadiri Dosen, Native Speaker dari Al Azhar Mesir, Sheikh Walid Hamdi Muhammad, Pengurus HMJ dan Mahasiswa PBA IAIN Batusangkar. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Pendidikan lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya