Grafik Silpa Cenderung Meningkat, Donna: Indikasikan Nagari Tak Lagi Butuh Anggaran

AI Mangindo Kayo | Selasa, 11-02-2020 | 19:34 WIB | 375 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Grafik Silpa Cenderung Meningkat, Donna: Indikasikan Nagari Tak Lagi Butuh Anggaran<p>Sejumlah anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tanahdatar II (Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Batipuh Selatan), menghadiri Musrenbang Nagari Baringin, Senin (10/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Anggota DPRD Tanahdatar, Donna menilai, perlu dilakukan pembinaan terhadap perangkat nagari terutama tertib administrasi dalam pencairan keuangan. Pembinaan ini penting dilakukan, mengingat cenderung meningkatnya angka sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBNag setiap tahun anggaran.

"Silpa besar itu terjadi, karena perangkat di nagari kurang mengerti administrasi kapan terakhir pencairan dana. Hal itu perlu pembinaan dan penjelasan detail dari Pemkab. Kurang bagus rasanya, jika Silpa terlalu besar setiap tahunnya," ungkap Donna yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tanahdatar II (Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Batipuh Selatan), Senin (10/2/2020).

Pernyataan ini disampaikan Donna, saat menghadiri kegiatan pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, di aula kantor kecamatan itu. Bersama Donna, ikut menghadiri Musrenbang dari anggota DPRD Dapil Tanahdatar II, Herman Sugiarto, Abu Bakar dan Kamrita. Juga hadir camat Lima Kaum, Forkopimca, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


Menurut Donna, Silpa yang cenderung meningkat, mengindikasikan nagari tersebut sudah tidak butuh lagi dana untuk pembangunan. Selain itu, Donna juga mengharapkan pemerintahan nagari, untuk memprogramkan pembangunan non fisik seperti pemberdayaan Ninik Mamak, Bundo Kanduang, PKK dan kelompok tani.

"Supaya mereka dapat melaksanakan fungsinya dengan baik di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Tanahdatar, Nofendril mengatakan, keterlambatan pencairan dana BKBK (Bantuan Keuangan Bersifat Khusus) 2019 lalu, bukan disengaja dan bukan pula mengulur-ngulur waktu. Tapi, mencari air yang jernih supaya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Sekretaris Nagari Baringin, Nasrullah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih pada anggota DPRD Tanahdatar yang hadir pada Musrenbang itu beserta jajaran pemerintahan dan tamu undangan lainnya. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Berita Ranah lainnya
Berita Kab. Tanah Datar lainnya